Mencicipi Batra, Kuliner Khas Mentawai Yang Kaya Protein

Jumat, 23 Mar 2018 | 12.00 WIB

Mencicipi Batra, Kuliner Khas Mentawai Yang Kaya Protein

batra (ist)



Centroone.com - Mentawai merupakan salah satu pulau yang terkenal dengan keaslian alamnya. Kelestarian dan kekayaan alam membuat kuliner  Mentawai juga turut terjaga alami, dengan sejumlah makanan khas didapat dari alam. Salah satunya yang dikenal sebagai Batra. 

Bagi yang belum mendengar atau melihat, Batra terlihat menjijikkan. Pasalnya Batra sendiri adalah sejenis  ulat sagu yang hidup di dalam batang pohon sagu yang telah membusuk.  

Biasanya, masyarakat Mentawai sengaja menebang pohon sagu dan membiarkannya membusuk untuk "ternak" Batra yang dikenal dengan badan berwarna putih krem, dan kepala berwarna hitam tersebut. 

‚Äč

Batra memiliki kandungan nilai protein dan nutrisi yang tinggi, berkat  sari-sari sagu dari pohon yang ditinggalinya.  Menjadi salah satu makanan khas keseharian warga Mentawai, tentu saja banyak cara untuk mengolah Batra.  

Mulai dari tumis Batra dengan bumbu-bumbu seperti bawang dan cabai sampai dengan hanya menamah rasa - menggunakan kecap dan garam. 

Salah satu cara terfavorit pengolahan Batra adalah merebusnya hingga mendidih, lalu dimakan bersama dengan sagu yang sudah diolah menggunakan bambu dan bumbu lengkap.   Ke Mentawai tidak akan lengkap tanpa mengincipi Batra!.  bbs