Dibeli Rp 400 Ribu, Teko Super Antik Terjual Kembali Rp 9,2 Miliar!

Selasa, 20 Mar 2018 | 18.00 WIB

Dibeli Rp 400 Ribu, Teko Super Antik Terjual Kembali Rp 9,2 Miliar!

Teko antik yang terjual miliaran (VEmagazine)



Centroone.com - Seorang pria di Inggris tidak mengira pot rusak yang ia beli pada tahun 2016 akan membuatnya menjadi orang kaya.   BBC melaporkan, pria itu membeli teko putih biru  seharga 20 pound atau sekitar Rp 400 ribu dalam acara lelang. Saat menjual kembali teko antik tersebut , pria itu terkejut bukan main. Pasalnya  teko itu terjual dengan harga 575.000 poundsterling atau sekitar Rp Rp9,2 Miliar!. 

Sang pemilik awalnya mengira itu hanya sebuah teko biasa sampai seorang ahli keramik, Clare Durham mengatakan kepadanya bahwa ini adalah barang 'super antik' yang sangat sulit ditemukan. 

Menurut Clare,setelah diteliti lebih lanjut terungkap teko itu adalah buatan John Bartlam,  pembuat keramik pertama Amerika Serikat, yang berasal dari Inggris. 

" Teko itu sebenarnya adalah porselen pertama yang diproduksi di Amerika Serikat, sekitar 250 tahun yang lalu. Itu adalah karya seni ekspatriat Inggris, John Bartlam yang diperdagangkan melintasi Samudra Atlantik untuk menunjukkan bagaimana porselen diproduksi," katanya seperti dilansir dari Indepedent. 

Karya Bartlam disebut saat itu terlalu bagus dan membuat pesaingnya bingung. Karya dan bisnis keramik Bartlam tenggelam saat Revolusi Amerika terjadi dan karyanya sulit ditemukan.  by