Militer AS Tercoreng Skandal "Hoes Hoin"

Minggu, 11 Mar 2018 | 17.00 WIB

Militer AS Tercoreng Skandal

ilustrasi (pixabaya)



Centroone.com - Militer Amerika Serikat kembali tersandung malu. Setelah awal 2017 lalu, ratusan foto tanpa busana dari para tentara dan anggota militer wanita Amerika Serikat beredar luas, kali ini peristiwa yang sama dengan jumlah lebih besar kembali terjadi. 

 Para pelaku penyebaran foto itu memanfaatkan layanan Dropbox untuk menyebarkan setidaknya 267 foto tanpa busana anggota militer AS dari berbagai cabang dan satuan tugas. 

Link Dropbox yang mengarahkan pada sebuah Folder bernama “Hoes Hoin”  itu bermula dari sebuah grup Facebook “Blame Marines United (Non-Butthurt Edition).” Link itu menyebar di setidaknya 400 anggota grup yang sekarang sudah di take down Facebook tersebut.  Folder “Hoes Hoin” juga berisi tiga subfolder untuk wanita tertentu. 

Saat ini Link menuju Hoes Hoin itu telah diblokir oleh Dropbox. ” Kami menyelidiki setiap laporan konten yang melanggar kebijakan kami. Jika kami menemukan pelanggaran, kami mencatat konten dan, bila sesuai, akan diambil tindakan lain seperti melarang konten dan/atau melaporkan ke penegak hukum,” ujar pihak Dropbox, seperti dilaporkan Vice, Minggu (11/3/2018). 

Sebelumnya pada bulan Maret 2017,grup Facebook bernama Marines United yang berisi setidak 30 ribu anggota menyebarkan foto tanpa busana dari para tentara, anggota militer, serta veteran wanita Amerika Serikat melalui sebuah Google Drive.  Kemunculan Hoes Hoin sendiri diduga kuat masih terkait dengan grup Marines United. Adapun Militer AS telah melakukan penyelidikan terkait kasus ini. bbs