Dikemas Unik, Dekan Cup 2018 Ajak Kenali-Pahami Kesehatan Mental

Rabu, 28 Feb 2018 | 07.00 WIB

Dikemas Unik, Dekan Cup 2018 Ajak Kenali-Pahami Kesehatan Mental

Sejumlah panitia Dekan Cup 2018 Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (Centroone)



Centroone.com - Keprihatinan pada masalah kesehatan jiwa dan mental yang masih menjadi salah satu permasalahan kesehatan yang signifikan di dunia, termasuk di Indonesia mendorong  Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Airlangga mengangkat “Mental Health” sebagai tema perhelatan Dekan Cup edisi tahun 2018. Sebelumnya tahun lalu acara angkatan yang dinaungi BEM KM Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga mengusung  tema “Surviving Disaster”. 

Digelar mulai tanggal 16 Maret sampai 4 Mei 2018, Dekan Cup 2018 digelar sekeligus sebagai usaha untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Surabaya akan pentingnya kesehatan mental. Dibagi dalam 3 rangkaian acara, yakni Opening Event, Competition Session, dan Closing Event Dekan Cup 2018 mengajak masyarakat lebih peduli terhadap kesehatan mental.  " Opening dan Closing dibuka untuk umum, karena kami juga ingin mensosialisasikan tema “Mental Health”, agar masyarakat lebih peduli terhadap kesehatan mental. Sementara Competition Session dikhususkan untuk Civitas Akademika Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga,”tutur  Ketua Dekan Cup 2018, Yahya T. Robbani, Selasa, (27/02/2018).  

Sebagai Opening Event Dekan Cup 2018,  24 Maret 2018 nanti bakal digelar event lari unik bertajuk Agoraphobia : Frightmare Run.  Event lari 6 K ini mengusung konsep survival dimana para peserta ditantang untuk mempertahankan nomor yang mereka bawa dari kejaran zombie. 

" Biaya pendaftaran 85ribu. Rute yang diambil mulai dari sekitar Fakultas kedokteran ( Universitas Airlangga), Balai Kota Surabaya, Grand City dan akan finish di Fakultas Kedokteran kembali.  30 finisher pertama akan mendapatkan medali  " ujar kepala sub divisi acara opening Dekan Cup 2018, Andra Achirultan. 

Selain Frightmare Run, Event Agoraphobia yang namanya diambil dari istilah ketakutan terhadap keramaian  juga membuka Night Market dengan tiket masuk 10K, dimana tersedia berbagai kuliner yang akan memuaskan lidah masyarakat sembari dihibur oleh penampilan band-band internal.  Nantinya hasil dari tiket night market dan frighmare run akan disumbangkan sebagai bagian dari bakti sosial Fakultas Kedokteran. 

Untuk bagian Competition Session sendiri, akan terdapat 21 acara dimana 10 diantaranya adalah olahraga.  Nantinya di bagian closing yang tahun ini kembali menggunakan nama "Anesthesia"   akan digelar pamera  “Mental Health : Psychological First Aid” dalam bentuk Artspace sebagai sarana bersosialisasi pada masyarakat serta penggalangan dana yang akan digunakan untuk Bakti Sosial oleh angkatan 2016 Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga pada bulan Juli mendatang . 

“Tahun ini akan tetap akan ada sejumlah guest star ternama yang turut meramaikan acara penutup yang bertempat di Dyandra Convention Center. Jadi sambil bersenang-senang, masyarakat juga teredukasi tentang kesehatan mental. Ditunggu saja siapa yang akan menjadi bintang tamu biar ini menjadi sebuah kejutan,“tukas Jefri ,koordinator Acara Dekan Cup 2018. by