Pemkot Gelar Peringatan Hari Pekerja Nasional

Jumat, 23 Feb 2018 | 18.00 WIB

Pemkot Gelar Peringatan Hari Pekerja Nasional

Jumpa pers terkait peringatan Hari Pekerja Nasional di Pemkot Surabaya (Windhi/Centroone)


Centroone.com - Pada 20 Februari, dikenal sebagai Hari Pekerja Nasional. Namun pada 24 Februari 2018, Pemkot Surabaya akan menggelar apel peringatannya. Dipimpin langsung Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, apel itu akan digelar di Taman Surya dan diikuti ribuan pekerja se-Surabaya.

Disampaikan Kepala Bidang Hubungan Industrial, Syarat Kerja dan Jamsostek, Dinas Tenaga Kerja Surabaya Rizal Zainal Arifin, sesuai surat Keputusan Presiden Nomor 9 Tahun 1991 tentang Hari Pekerja Indonesia, maka di Surabaya peringatannya selalu konsisten digelar sejak 2012 hingga saat ini.

“Tahun 2018 ini, kami gelar kembali Sabtu besok, dimulai sekitar pukul 07.30 di Taman Surya. Besok akan ada apel yang diikuti oleh perwakilan anggota serikat pekerja/serikat buruh yang ada di Surabaya,” kata Rizal.

Menurut Rizal, apel peringatan Hari Pekerja Nasional itu akan diikuti sekitar 2.546 orang. Meraka berasal dari 32 DPC Serikat Pekerja/Serikat Buruh se-Surabaya yang masing-masing mengirimkan peserta apel sebanyak 73 orang dan totalnya sekitar 2.336 orang.

Selain itu, peserta apel juga berasal dari Brigade SPSI sebanyak 30 orang, Satgassus RTMM SPSI sebanyak 30 orang, Rajawali LEM SPSI sebanyak 30 orang, Laskar SPN Surabaya sebanyak 30 orang, Garda Metal sebanyak 30 orang dan persnil Drum Band SPSI sebanyak 60 orang. 

“Besok, Bu Wali dijadwalkan menjadi pembina apel yang sekaligus akan memberikan arahan kepada para pekerja se-Surabaya,” ujarnya.

Melalui apel ini, diharapkan terwujud kebersamaan dan penyamaan persepsi tentang pentingnya peran serta pekerja dalam menciptakan dan tetap menjaga kondusifitas hubungan industrial di Kota Surabaya.

“Hal ini juga untuk mempertahankan iklim usaha/investasi di Kota Surabaya yang sudah cukup kondusif. Bahkan, peringatan ini juga akan menjadi momentum untuk meningkatkan sinergitas antar pelaku hubungan industrial, sehingga dapat terwujud kesejahteraan sosial ekonomi masyarakat Surabaya dalam kerangka hubungan industrial Pancasila,” tegasnya.

Rizal menambahkan, momentum peringatan Hari Pekerja Nasional ini selalu ditunggu-tunggu oleh pekerja. Sebab, negara atau pemerintah telah mengakui eksistensinya dan peran pentingnya dalam mewujudkan tujuan negara dan pembangunan nasional, yaitu mensejahterakan seluruh rakyat Indonesia. “Pekerja juga sebagai tonggak sejarah bersatunya pekerja Indonesia dalam sistem hubungan industrial yang berlandaskan pancasila,” imbuhnya.

Oleh karena itu, Pemkot Surabaya menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh rekan-rekan serikat pekerja/serikat buruh yang ada di Kota Surabaya. Sebab, mereka telah berkontribusi dalam menciptakan kondisi hubungan industrial yang kondusif dan harmonis di Surabaya. (windhi/by)


...
0




There are 0 comments in this current article