Didesain Tingkatkan Kualitas Hidup, EMUI 9.0 Hadir Bersama Mate 20 Series

Jumat, 07 Des 2018 | 12.00 WIB

Didesain Tingkatkan Kualitas Hidup, EMUI 9.0 Hadir Bersama Mate 20 Series

Ryan Lui, VP Software Marketing Huawei Consumer Business Group (Huawei)


Centroone.com - Bersamaan dengan segera hadirnya smartphone Huawei Mate 20 Series di Indonesia, Sistem operasi EMUI 9.0 turut resmi dihadirkan. Sistem operasi ini adalah piranti lunak buatan Huawei yang dibangun berdasarkan sistem operasi (OS) Android Pie. Didesain untuk menghadirkan kualitas hidup yang lebih baik, OS anyar ini akan menghadirkan peningkatan performa yang luar biasa, fitur baru, dan antarmuka yang mudah untuk diakses.  

“Dengan EMUI 9.0, kami berhasrat untuk membawa pengalaman baru yang lebih kaya saat mengakses perangkat Huawei yang sudah menjalankan OS terbaru itu. Berbagai fitur AI dan produktivitas akan memberdayakan pengguna dan membuat mereka bisa mendapatkan manfaat lebih dari perangkat teknologinya,” kata Lo Khing Seng, Deputy Country Director Huawei Device Indonesia.

EMUI 9.0 telah diumumkan pada 1 September di Jerman dan 5 September di China, kini EMUI 9.0 bakal hadir untuk publik Indonesia melalui Huawei Mate 20 Series.  EMUI 9.0 memiliki setting menu yang mudah. Semua berkat dua pendekatan: mengurangi jumlah item di menu Settings dan menambahkan tab Advanced untuk membuka konfigurasi yang lebih lengkap. 

Dibandingkan dengan pendahulunya, opsi yang ada di EMUI 9.0 berkurang 10 persen. Hal- hal yang beragam juga dikeluarkan supaya kategorisasinya lebih baik. Selanjutnya, dengan memindahkan opsi lanjutan ke tab khusus, pengguna sehari-hari akan disuguhi menu yang lebih sederhana. Sementara pengguna yang lebih advanced akan tetap bisa membuat perubahan yang terperinci di perangkat mereka.

Sementara itu, Huawei juga membakukan desain dan fitur EMUI untuk memastikan OS memberikan pengalaman yang paling visual dan fungsional secara konsisten. Fitur-fitur yang memiliki sifat serupa — seperti Timer, Jam, dan Kompas — telah dirancang ulang mengikutibahasa desain yang sama untuk memberikan pengalaman pengguna yang paling terpadu dan intuitif.

EMUI 9.0 juga dilengkapi fitur baru lainnya, yang diumumkan sebelumnya pada saat peluncuran, yaitu Password Vault, sebuah fitur yang secara aman menyimpan kata sandi pengguna secara lokal, serta fitur kesejahteraan digital seperti Digital Balance untuk memantau penggunaan, App Limit untuk menetapkan batas waktu untuk berbagai aplikasi, dan Wind Down, yang mengubah layar menjadi abu-abu selama jam tidur.

Huawei Mate 20 Series bakal hadir dengan EMUI 9.0 yang sudah pre-installed. Sementara untuk perangkat premium lain akan tersedia via update, yaitu untuk Huawei P20 Pro, Huawei P20, Huwei Mate 10 Pro, dan Huawei Mate 10 di negara terpilih, melalui HOTA update. by