Kota di China Ini,"Awal" Perayaan Natal Dunia

Selasa, 25 Des 2018 | 18.00 WIB

Kota di China Ini,

ilustrasi (pixabay)


Centroone.com - Berbicara tentang perayaan Natal, tentu identik dengan wilayah Eropa serta Amerika Utara.

Namun tahukah anda? sebenarnya awal dari perayaan Natal justru berada di sebuah kota pedalaman China, bukan kutub utara yang selama ini disebut rumah Sinterklas. 

Yiwu -  nama desa tersebut adalah sebuah kota di provinsi Zhejiang, China Timur - sekitar satu jam naik kereta peluru di selatan Shanghai.   Yiwu adalah rumah produksi dari hampir dua pertiga produk atau pernik Natal di dunia. 

Setidaknya 30 persen dari pesanan Yiwu berasal dari Amerika Serikat dan sisanya berasal dari Rusia, Amerika Latin dan pasar domestik China, dibuat di pabrik di Yiwu.  ABC News melaporkan ada sekitar 600 pabrik dan workshop di sekitar kota kecil dengan 1,2 juta penduduk tersebut. 

Natal bukan hari libur resmi di Tiongkok, tetapi semakin banyak orang yang masuk ke dalam semangat liburan. Dan itu berarti peningkatan dari pernik-pernik yang dikirim dari Yiwu. "Anak-anak saya sangat menyukai Natal - seperti merayakan Tahun Baru Imlek," Huang Aijuan, pemilik pabrik yang memproduksi pohon Natal buatan, mengatakan kepada ABC News seperti dilansir dari China Daily. 

Musim panas adalah waktu puncak untuk memproduksi produk Natal tahun ini - termasuk pohon Natal, topi Santa, bola logam dan lampu LED - karena perdagangan harus dilakukan beberapa bulan sebelum musim Natal.    by