Awasi Stalker, Pasang Kamera Pemindai Wajah di Konser

Selasa, 18 Des 2018 | 14.00 WIB

Awasi Stalker, Pasang Kamera Pemindai Wajah di Konser

Taylor Swift (TaylorSwiftInstagram)


Centroone.com - Taylor Swift merupakan salah satu selebritis wanita yang punya cerita buruk dengan penguntit atau stalker. Untuk membatasi kehadiran para penguntit tersebut, konser Taylor Swift rupanya dilengkapi dengan teknologi keamanan canggih. 

Pada konser tanggal 18 Mei di Rose Bowl, terdapat kamera pengawas dengan dukungan pemindai wajah, sama seperti yang ada di bandara atau pusat transportasi lain di Amerika Serikat. 

Dilaporkan Rolling Stone - Kamera yang disembunyikan di sebuah kios dekat lokasi konser itu mampu mengenali wajah mereka yang lewat - kemudian mengirim data ke pusat "komando" dan kemudian direferensi silang dengan foto-foto sosok stalker Taylor Swift.  Database itu sendiri memiliki data dari para stalker Taylor Swift yang telah dikenali. 

Sebagai catatan, ada seorang penguntit yang pernah nekat menyusup ke rumah Taylor Swift, yang kemudian dihukum penjara selama enam bulan.

Penggunaan teknologi pemindai wajah itu memang praktis dan cukup mampu melindungi Taylor Swift namun di sisi lain memicu perdebatan tentang masalah privasi.  by