Yandex.Phone, Smartphone Buatan "Google Dari Rusia"

Minggu, 16 Des 2018 | 12.00 WIB

Yandex.Phone, Smartphone Buatan

Yandex.Phone (Yandex)


Centroone.com - Google merupakan raja mesin pencari di Amerika Serikat serta sejumlah negara lain di dunia.  Rusia - yang dikenal sebagai negara saingan AS juga punya mesin pencari sendiri bernama Yandex. Yandex merupakan mesin pencari nomor satu di Rusia, melampaui Google. 

Tidak sekedar mesin pencari Yandex juga turut merambah dunia teknologi. Setelah sebelumnya mobil otonom dan juga smart speaker, Yandex beberapa saat lalu memperkenalkan Yandex.Phone.  Dari namanya bisa diketahui ini merupakan perangkat smartphone. 

Uniknya meski saingan Yandex.Phone menggunakan sistem operasi Android dari Google , yakni Android 8.1. Meskipun sudah mengusung android versi baru, namun Yandex.Phone tidak mengusung spesifikasi terlalu tinggi. Ponsel ini mengusung layar full HD 5,65 inci, sementara jeroannya didukung oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 630. Ada juga sensor sidik jari di bagian belakang dan teknologi NFC untuk pembayaran tanpa kontak.  Untuk kamera menggunakan dual kamera 12MP dan 5MP serta kamera depan 5MP.

Dilansir dari situs perusahaan- ponsel ini bakal mengusung sejumlah aplikasi bawaan  Yandex - termasuk GPS, musik, dan aplikasi cuaca.  Selain itu, Yandex.Phone juga dibekali Alice, asisten virtual buatan Yandex. Alice diklaim memiliki 34 ribu kemampuan dan dapat memahami bahasa Rusia dengan "tingkat akurasi mendekati manusia."

Yandex sendiri juga memiliki toko aplikasi Android sendiri.   Yandex.Phone dibandrol 17.990 rubel ($ 270) dan akan tersedia di Toko Yandex di kantor pusat perusahaan di Moskow serta sejumlah retail setempat.  by 


...
0



There are 0 comments in this current article