Tegasi Pelanggaran Pengelolaan Limbah B3 Tempat Hiburan Malam

Senin, 10 Des 2018 | 22.00 WIB

Tegasi Pelanggaran Pengelolaan Limbah B3 Tempat Hiburan Malam

Hearing pembahasan pengelolaan limbah tempat hiburan malam. (Windhi/Centroone)


Centroone.com - Sistem pengelolaan limbah B3 di tempat-tempat hiburan malam menjadi sorotan Komisi C DPRD Kota Surabaya. Bahkan ada beberapa tempat hiburan yang diduga tak memiliki tempat pengolahannya.

Untuk itu, Komisi C akan melihat langsung ke lokasi. Rencananya, Selasa (11/12/2018) malam, Komisi C akan melakukan Sidak ke sejumlah tempat-tempat hiburan malam atau Rekreasi Hiburan Umum (RHU) guna melihat perizinan atas pengelolaan limbah B3, sekaligus sistem IPAL-nya.

Hal ini merupakan upaya pihak legislatif dalam mensukseskan program pemerintah soal pengelolaan limbah B3 di Surabaya.

Ketua Komisi C Syaifudin Zuhri menjelaskan, selain rumah sakit, RHU di Surabaya juga turut berkontribusi memproduksi limbah B3. "Kaitannya dengan limbah cair, yang untuk restoran dan sebagainya, apalagi terkait lampu-lampu yang mengandung mercury dan sebagainya," jelas Syaifudin saat ditemui usai hearing pengelolaan limbah B3 dan IPAL di gedung DPRD Surabaya, Jl Yos Sudarso, Senin (10/12/2018).

Menurut Syaifudin, dua tempat RHU yang akan menjadi sampling yakni Penthouse dan Deluxe yang diperkirakan memproduksi limbah namun masih belum memiliki izin IPAL dan pengelolaan limbah. "Ini hanya contoh kecil dua hiburan malam yang juga tidak mengikuti aturan yang diberikan oleh Dinas Lingkungan Hidup," tegas Ipuk sapaan akrabnya.

Dia pun meminta kepada Kementrian Lingkungan hidup dan pemerintah Kota untuk mencabut izin usaha sementara tempat hiburan malam di Surabaya jika masih belum dapat memenuhi izin B3 dan izin IPAL.

"Sehingga saya minta lingkungan hidup segera melakukan penindakan, baik pembinaan atau peringatan yang sudah diberikan batas waktu yang begitu lama, agar menunjukkan pemerintah kota itu tegas," pungkasnya. (windhi/by)