Anggaran Pengolahan Limbah Dialihkan Untuk Pendidikan

Jumat, 30 Nov 2018 | 23.59 WIB

Anggaran Pengolahan Limbah Dialihkan Untuk Pendidikan

Balai Kota Surabaya (Centroone)


Centroone.com - Anggaran pembangunan tempat pengolahan limbah B3 sebesar Rp60 miliar yang didrop DPRD Kota Surabaya, dialihkan Pemkot Surabaya untuk pendidikan, pembangunan gedung sekolah maupun gedung pemerintah. Pemkot tak ingin dana yang sudah dianggarkan itu nganggur.

Disampaikan Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya Eri Cahyadi, dana untuk pembangunan pengolahan limbah B3 itu digunakan, tapi dialihkan untuk kegiatan yang lain. Sementara anggaran untuk pembangunan pengolahan limbah B3 yang dianggarkan akan diurus perizinannya dulu. "Kalaupun sudah siap semua bisa dilaksanakan 2019 atau PAK," terang Eri.

Dia juga menambahkan, untuk anggaran yang ada akan digunakan untuk pendidikan, sekolah maupun gedung pemerintah. Jadi di tahun 2019 ini, seluruh sekolah bisa dilakukan pembangunan dengan model mengunakan barang dan jasa atau lelang maupun PL. “Harapan di tahun 2019 tidak ada lagi sekolah yang kumuh," ujarnya.

Terkait pengolahan limbah B3 diakui Eri, jika pihaknya sudah menjelaskan ke dewan bahwa kebutuhan pengolahan limbah ini mendesak. Karena sudah banyak yang tidak terbuang karena belum diolah.

"Tempat pengolahan itu akan tetap terbangun, Insya Allah kalau izinnya sudah lengkap, Amdalnya sudah lengkap, sudah bisa kita masukan di PAK 2019,” ujar Eri. 

Pemkot Surabaya sudah mendapat amanat dari wakil rakyat Surabaya untuk menyiapkan seluruh izinnya, baik di daerah maupun pusat. Setelah itu baru dilakukan penganggaran untuk kepentingan fisiknya. (windhi/by)