Truk Otonom Volvo Bakal Jadi Armada Transportasi Pertambangan

Selasa, 27 Nov 2018 | 14.00 WIB

Truk Otonom Volvo Bakal Jadi Armada Transportasi Pertambangan

Truk Otonom Volvo (Volvo)


Centroone.com - Beberapa bulan lalu, Volvo memamerkan konsep truk otomatis tanpa sopir mereka yang diberi nama Volvo Vera.  Tidak terlalu lama, truk pintar itu sudah mulai digunakan, tapi tidak di aspal melainkan di pertambangan. 

Truk otonom Volvo -dilaporkan Venture Beat jadi salah satu armada transportasi khusus pertambangan batu kapur dari tambang Kalk Brønnøy di Norwegia.  Namun truk otomatis itu sendiri tidak sepenuhnya adalah truk otonom - melainkan sebuah truk khusus tambang biasa yang diubah menjadi truk otonom. 

Di balik dashboard memang tertanam sistem otonom, - tapi masih ada sopir manusia yang berada di dalamnya untuk tujuan keamanan. Menurut Volvo, tujuan truk ini adalah membuat tugas penambangan lebih produktif dan mudah.

Dalam video yang dibagikan, truk itu terlihat melaju dari lokasi A ke lokasi B sejauh tiga mil tanpa masalah. Selain itu, sistem yang digunakan untuk mengangkat batu kapur juga dilakukan secara otomatis. 

Volvo dan Brønnøy Kalk  menargetkan untuk sepenuhnya mengoperasikan truk itu sebelum akhir 2019. akan ada 6 truk otonom yang akan digunakan untuk operasional awal.  by