Intel Turut Kembangkan Modem 5G, Dijadwal Hadir 2020

Selasa, 20 Nov 2018 | 20.00 WIB

Intel Turut Kembangkan Modem 5G, Dijadwal Hadir 2020

Intel XMM 8160 5G (IntelCorporation)


Centroone.com - Qualcomm dan Samsung, raksasa komputasi Intel juga dilaporkan bakal turut membuat modem jaringan 5G.  Modem yang disebut Intel XMM 8160 5G itu - nantinya tidak hanya dibenamkan di perangkat pintar, tetapi juga komputer, hub broadband serta berbagai perangkat lainnya. 

Intel - seperti dilaporkan The Verge - mengatakan modem itu mampu mengakomodasi kecepatan 6Gbps. Nantinya, modem itu tidak bisa beroperasi dengan dukungan koneksi 5G, tetapi juga koneksi 4G, 3G dan 2G.  

Untuk konektivitas 5G,  modem ini mendukung standar baru 5G New Radio (NR) standalone (SA) dan non-standalone (NSA). Modem XMM 8160 5G akan dirilis pada 2019, dan akan hadir di perangkat di pasar dunia pada 2020. 

“Modem XMM 8160 5G Intel yang baru memberikan solusi ideal untuk mendukung volume besar untuk penskalaan di beberapa kategori perangkat bertepatan dengan makin meluasnya penyebaran 5G. Kami melihat permintaan besar untuk rangkaian fitur lanjutan dari XMM 8160, sehingga kami membuat keputusan strategis untuk  meluncurkan modem ini dalam  setengah tahun untuk memberikan solusi 5G terkemuka. ” tutur Dr. Cormac Conroy, Intel corporate vice president dan General Manager of the Communication and Devices Group seperti dilansir dari situ resmi Intel.  


Modem ini kemungkinan besar akan menjadi modem yang dibawa iPhone 5G dari Apple. Sebelumnya, pabrikan asal Amerika Serikat itu sudah mengungkapkan smartphone mereka dengan dukungan 5G hadir pada tahun 2020.


Dikatakan Apple akan menggunakan chip modem dari Intel untuk dukungan 5G, dengan MediaTek sebagai cadangan penyuplai modem jika Intel mengalami masalah teknis.  by