SMAN 3 Malang Juarai Medspin 2018

Senin, 19 Nov 2018 | 06.00 WIB

SMAN 3 Malang Juarai Medspin 2018

Jalannya lomba Medspin 2018 (Centroone)


Centroone.com - Setelah melewati  babak penyisihan, perempat final, babak final serta bersaing dengan  kurang lebih 5000 tim (15.000 peserta),  SMAN 3 Malang keluar sebagai juara pertama International Medical Science and Application Competition (MEDSPIN) 2018. 

Tim SMAN 3 Malang dengan ketua Yusuf Nizar Aris S yang terdiri dari Yusuf Nizar, Achmad Rizky, dan Arya Agung ini mengaku sudah mempersiapkan timnya sejak lama, namun sejak Jumat malam, mereka baru mulai  mempersiapkan secara serius.  Arya dan Yusuf  sendiri merupakan murid kelas 12, sedangkan Achmad masih kelas 11. 

Di babak final sendiri, 20 tim yang berhasil maju melanjutkan perjuangan mereka untuk dapat maju ke babak Grand Final.   Di babak grand final dibagi menjadi 2 sesi.  Sesi pertama adalah sesi Evidence Based Learning (EBL) dimana peserta akan diberikan sebuah kasus dan peserta harus mendapatkan informasi untuk menentukan diagnosis dan terapi.  Setelah mendapat informasi, peserta diberikan waktu untuk membuat slide presentasi dan mempresentasikannya selama 10 menit di hadapan dewan juri.  

Grand final sesi kedua merupakan babak cerdas cermat - yang terdiri dari tiga babak. Suasana menjadi sengit pada babak ketiga yaitu pertanyaan rebutan. Skor dari kelompok C dari SMAN 3 Malang dan kelompok E dari sekolah MAN 2 Malang saling berkejaran.  Namun, babak cerdas cermat bukanlah penentu kemenangan. Penentuan juara diambil dari total nilai babak grand final 1 dan grand final 2 yang akhirnya memunculkan SMAN 3 Malang dengan ketua Yusuf Nizar Aris S sebagai juara. Di posisi runner up  - juga dari Malang adalah MAN 2 Malang dengan ketua M. Abi Salman. Sedangkan Juara ketiga diraih oleh SMA Unggulan M.H. Thamrin dengan ketua Raihan Febriyanto. 

Juara Harapan 1 diperoleh SMAN 4 Denpasar dengan ketua I Nyoman Gede Widya Cetana Jaya, Juara Harapan 2 diraih oleh SMAN 1 Jember dengan ketua Raditya Rahmananda sementara Best Theory dan Best Experiment diperoleh oleh SMA Unggulan M.H. Thamrin

Pada hari yang sama juga  dilakukan final “campaign” publik poster. Sebelumnya para peserta telah mengirimkan posternya via email lalu dipublikasikan di Instagram Medspin 2018. Setiap poster akan dilihat banyak jumlah likes yang diperoleh sebagai bentuk penilaian poster favorit. 

​Di final “campaign” ini peserta akan mempresentasikan poster publik dan diberikan waktu selama 8 menit untuk mempresentasikan posternya dan 5 menit untuk menjawab pertanyaan dari juri.  SMAN 1 Talun dengan ketua Dwi Nanda Renaldy Syah dan  MAN 2 Kediri dengan ketua Shinta Nuria muncul sebagai juara pertama dan kedua.  by