Tempat Terbaik Menikmati Makanan Lokal dan Street Market

Jumat, 16 Nov 2018 | 14.00 WIB

Tempat Terbaik Menikmati Makanan Lokal dan Street Market

salah satu makanan lokal di Taiwan (booking.com)


Centroone.com - Makanan adalah salah satu hal yang menjadi pertimbangan utama saat memilih destinasi wisata. Menurut penelitian Booking.com terhadap  50,000 wisatawan global, lebih dari 6 dari 10 pelancong (61%) mengatakan mereka memilih tujuan untuk makanan atau minumannya yang nikmat. Sehingga tidak dapat disangkal lagi kenaikan signifikan akan wisata kulliner dengan lebih dari sepertiga (34%) wisatawan global – naik menjadi 40% dari generasi millennial – berancana untuk melakukan wisata kuliner khusus di tahun 2018 . 

Di sisi lain hampir setengah (49%) dari pelancong global masih mencari untuk lebih bertualang dengan jenis masakan yang mereka makan saat bepergian,, naik menjadi 60% dari generasi millennial. Salah satu cara untuk mencapai ini adalah dengan mencicipi kelezatan lokal saat bepergian. Faktanya, hamper dua pertiga (64%) wisatawan global akan mencoba untuk makan lebih banyak makanan lokal pada tahun 2018.

Booking.com,  mengungkapkan tujuan-tujuan teratas dari seluruh dunia untuk mencicipi santapan lokal, seperti yang sudah ditelusuri melalui ulasan jutaan wisatawan Booking.com. Beberapa tempat terbaik untuk mencoba masakan lokal berada di Asia Tenggara, dengan makanan lezat regional seperti dim sum, mie dan pho. Mungkin bukan sebuah kebetulan jika penyantap ini datang dari daerah tersebut karena 57% orang Asia mengonfirmasi bahwa mereka mencari masakan baru untuk dicoba tahun ini. Destinasi untuk makanan lokal terpopuler adalah  Ipoh (Malaysia), Kaohsiung (Taiwan), Nagoya (Jepang), Johor Bahru (Malaysia),  João Pessoa (Brasil), Ho Chi Minh City(Vietnam), Sarajevo (Bosnia and Herzegovina), Colmar (Perancis) , Lima (Peru), Catania (Italia),  Belgrade (Serbia). 

Sementara itu  Lebih dari setengah (51%) wisatawan global cenderung mencari street food markets di tahun ini, yang memang merupakan cara terbaik untuk mencoba makanan lokal. Lebih dari separuh pelancong (54%) ingin mengalami pengalaman bersantap yang lebih unik saat bepergian dan food trucks adalah cara sempurna untuk melakukan ini. Berikut tujuan teratas untuk menikmati pengalaman kuliner unik ini: Jeonju(Korea Selatan), Portland (Amerika), Hsinchu City (Taiwan),  Sao Paulo (Brasil) , Marrakech(Moroko) Seoul (Korea Selatan),  New York (AS),  Bangkok (Thailand) Kota Meksiko(Meksiko),  Istanbul (Turki). 

Media social dipenuhi foto-foto yang memamerkan petualangan perjalanan dan makan foodie adventures. Makanan yang cantik, cerah dan tidak biasa adalah cara sempurna untuk memenuhi feed dan memamerkan makanan hasil buruan wisatawan. Menurut penelitian Booking.com - hampir sepertiga dari wisatawan (31%) berencana untuk mengambil lebih banyak gambar makanan tahun ini. Ini paling populer di antara pelancong asal Asia seperti Cina (65%), India (57%), Thailand (53%), Indonesia (50%) dan Hong Kong (48%).

“makanan memegang peranan penting bagi kita dalam pilihan perjalanan dan terutama dalam keseluruhan pengalaman perjalanan. Mencoba makanan lokal atau street food merupakan cara terbaik bagi para wisatawan untuk merasakan budaya lokal sebenarnya, dan tenggelam dalam komunitas lokal, serta eksplor sesuatu yang baru dan berbeda. Dengan menggunakan referensi dari ulasan para wisatawan yang membantu dalam mengidentifikasi tempat terbaik untuk dicoba dan tempat terbaru untuk dijelajahi sehingga dapat merasakan setiap kenikmatan di seluruh dunia!” ungkap Pepijn Rijvers, Senior Vice President dan Chief Marketing Officer Booking.com.  by