Manfaat Rutin Lakukan Pemeriksaan Kesehatan di Lab

Selasa, 16 Okt 2018 | 20.00 WIB

Manfaat Rutin Lakukan Pemeriksaan Kesehatan di Lab

ilustrasi (pixabay)


Centroone.com - Untuk menjaga kesehatan, disarankan untuk memeriksaan diri ke dokter setidaknya setahun sekali baik itu ke dokter ataupun laboratium kesehatan.

Tidak hanya untuk memeriksa kondisi tubuh, tapi juga untuk mengantisipasi jika terjadi masalah kesehatan sehingga lebih cepat ditangani dan dicegah.   Hal itu terutama - menurut  Jaringan Laboratorium Kesehatan Pramita Lab, H Sarno Eryanto SH MH untuk mereka yang sudah berusia di atas 40 tahun. 

"Setiap tahun jika perlu periksa, minimal lima tahun sekali. Mungkin ketika berusia 30an tahun masih aman, tapi ketika menginjak 40 tahun sudah rawan - karena ekonomi sudah baik sementara pola makan dan pola hidup berubah, itu yang berbahaya. terutama yang hobi minum softdrink dan gula. " ujar Presiden Direktur Pramita Lab H Sarno Eryanto di Surabaya, Selasa, (16/10/2018). 

Pada beberapa kasus, seringkali seseorang tidak mau memeriksaan kesehatan baik melalui ke dokter atau labotarium kesehatan, dan baru rajin ke dokter atau labotarium kesehatan saat penyakitnya terungkap.  Padahal akan lebih baik memeriksakan kesehatan secara rutin untuk mendeteksi potensi penyakit. 

" Ada pola pikir yang keliru. Ada banyak dokter - lab tidak mau periksa , tapi setelah periksa tahu kena stroke baru rajin ke lab, setiap hari. Itu keliru.  Sebaiknya apapun resiko (potensi penyakit) mau tidak mau,  harus periksa. Mau tak mau harus tahu. Misalkan kolesterol tinggi, bisa mengatasi dengan mengatur  pola makan dan olahraga baik. " tambah H Sarno lagi.  by