Data 14 Juta Pengguna Facebook Digondol Peretas

Senin, 15 Okt 2018 | 17.00 WIB

Data 14 Juta Pengguna Facebook Digondol Peretas

ilustrasi (pixabay)


Centroone.com - Facebook kembali berhadapan dengan kontroversi. Facebook, awal pekan ini mengungkapkan terjadi pembobolan oleh peretas yang mengakibatkan setidaknya 90 juta akun pengguna terdampak. 

Peretasan itu terjadi setelah pelaku mengeksploitasi kerentanan keamanan pada aplikasi Facebook.  Peretas mencuri 'token akses' yang merupakan kunci digital yang memungkinkan mereka mengakses setidaknya 50 juta akun pengguna itu.

Terkait masalah itu, Facebook dalam pengumuman terbarunya mengatakan hanya 30 juta akun "token aksesnya" dicuri.  Namun dari 30 juta itu, 15 juta pengguna disebut dicuri email serta nomor teleponnya, dan lebih buruk lagi, dari 15 juta - 14 juta pengguna mengalami pencurian data.  Demikian dilaporkan Digital Spy. 

Data yang ikut dicuri adalah informasi tentang  nama pengguna, jenis kelamin, bahasa / lokasi, status hubungan, agama, kampung halaman, kota, tanggal lahir, jenis perangkat yang digunakan untuk mengakses Facebook, pendidikan, pekerjaan, 10 tempat terakhir pengguna check in atau ditandai, situs web, orang atau Halaman yang mereka ikuti, dan 15 pencarian terakhir. 

Sementara, 1 juta pengguna lainnya tidak mengalami pencurian data. Facebook sendiri telah  mengungkapkan akan bekerja sama dengan FBI,  dan belum dapat mengungkapkan siapa yang diduga kuat di balik serangan tersebut. by