Memelihara Binatang Itu Menyehatkan, Ini Buktinya!

Rabu, 31 Jan 2018 | 12.00 WIB

Memelihara Binatang Itu Menyehatkan, Ini Buktinya!

centroOne/Istimewa


Centroone.com - Bila Anda punya hobi memelihara binatang, ternyata itu membawa dampak baik, terutama bagi kesehatan Anda.

Nah, ini simak beberapa manfaat memelihara binatang bagi kesehatan tubuh Anda seperti dikutip dari laman Cosmopolitan.

1. Memperbaiki Mood

Kalau manfaat yang satu ini pasti sudah pernah dirasakan oleh mereka yang memelihara binatang. Yup, menghabiskan waktu bersama si 'sahabat berbulu' memang bisa meningkatkan hormon bahagia Anda. Kabar baiknya lagi, manfaat ini juga dirasakan oleh binatang peliharan Anda, lho.

Buat Anda yang memelihara kucing, binatang yang satu ini bisa mengobati perasaan galau. Bahkan, pemilik kucing biasanya jarang merasa kesepian. Ini karena setiap kali memeluk kucing, hormon 'cinta' oksitosin dilepaskan tubuh. Wow!

2. Mengurangi Stres

Bukan cuma meningkatkan mood, memelihara binatang ternyata bisa pula mengurangi rasa stres. Bermain dengan anjing selama lima menit saja sudah bisa menurunkan level kortisol, yaitu hormon stres Anda. Sebuah studi malah menemukan, kalau mereka yang sedang letih akan merasa lebih rileks ketika bersama binatang peliharaan daripada bersama pasangan. Kalau kantor Anda pet friendly, bawa saja binatang peliharaan ke kantor. Mereka yang bekerja ditemani oleh anjing mereka memiliki level stres yang lebih rendah ketika di kantor.

NEXT