Google Persembahkan Doodle Hari Ini untuk Teresa Teng

Senin, 29 Jan 2018 | 15.00 WIB

Google Persembahkan Doodle Hari Ini untuk Teresa Teng

centroOne/Istimewa


Centroone.com - Google Doodle hari ini mempersembahkan gambar animasi seorang perempuan menyanyi.

Ia adalah Teresa Teng, seorang penyanyi legendaris asal Taiwan. Hari ini, 29 Januari merupakan hari lahir Teresa. Ia dikenal dunia karena lagunya yang dinilai merakyat dan bernada balada romantis. 

Ia banyak mengusung lagu Mandarin. Ia pun merekam lagu-lagu dalam bahasa Hokkien, Kanton, Jepang, Indonesia, dan Inggris. Teresa sendiri meninggal dunia di usia 42 tahun pada 8 Mei 1995.

Kabarnya, Teresa menghembuskan napas terakhirnya karena serangan asma akut saat sedang berlibur di Chiang Mai, Thailand. Jenezahnya dimakamkan seperti pahlawan di Taiwan, dengan bendera Taiwan menutupi peti matinya.

Teresa dimakamkan di sebuah kaki gunung Chin Pao San dalam sebuah kompleks pemakaman dekat Jinshan, dekat Taipei, Taiwan. 

Sebuah patung dirinya dalam pakaian pertunjukan dipajang, diiringi dengan musik lagu-lagunya sebagai latar belakangnya, didirikan sebagai tugu peringatan di tempat pemakamannya.

Untuk mengenang Teresa Teng, pada Mei 2002, patung lilin Teresa Teng dipajang untuk umum di museum lilin Madame Tussauds, Hong Kong. (Berbagai Sumber/Rie)