Sergei Eisenstein, Tokoh Google Doodle Hari Ini

Senin, 22 Jan 2018 | 16.09 WIB

Sergei Eisenstein, Tokoh Google Doodle Hari Ini

centroOne/Istimewa


Centroone.com - Google Doodle hari ini menampilkan sosok penuh roll film.

Dia adalah Sergei Eisenstein, seorang sutradara asal Uni Soviet. Ia merupakan sutradara revolusioner dengan beberapa judul film seperti 'Strike', 'October', 'Alexander Nevsky', dan 'Ivan the Terrible'.

Hari ini, 22 Januari adalah tanggal lahirnya. Ia dilahirkan pada 1898 dari keluarga menengah. Hari ini adalah ulang tahun Sergei yang ke-120 tahun. Ia meninggal dunia pada 11 Februari 1948 karena serangan jantung.

Sergei tak hanya dikenal di dunia perfilman, tapi juga seorang penulis. Sergei juga menghasilkan beberapa judul film, salah satunya 'Film Form' dan 'The Film Sense'.

Di dalam buku-bukunya tersebut, Sergei memapaparkan soal cara montase dan bagaimana membuatnya. Teknik montase sering digunakan untuk menggambarkan bagaimana sebuah peristiwa terjadi. 

Menurut Sergei, montase adalah salah satu inti film di bioskop. Sebelum terjun ke dunia film, Sergei pernah mengenyam pendidikan di Petrograh Institue of Civil Engineering. 

Ia mengambil program studi arsitektur dan teknik. Tapi kemudian ia meninggalkan kampus untuk bergabung dengan Red Army dan mendapat penempatan di Minsk. Dan, di sinilah segala hal seni yang melekat padanya berawal.

Bagi negaranya, Sergei adalah salah satu pahlawan. Pada Januari 1998, Bank Rusia mengeluarkan dua koin edisi khusus untuk memperingati ulang tahunnya ke-100. (Berbagai Sumber/Rie)