Tumbuh di Amerika, Bawang Ini Tak Buat Menangis

Senin, 22 Jan 2018 | 18.00 WIB

Tumbuh di Amerika, Bawang Ini Tak Buat Menangis

bawang Sunions (Sunions)


Centroone.com - Memotong bawang merah identik dengan mengeluarkan air mata. Mengatasi masalah ini, para ilmuwan bekerja sama dengan petani bawang selama beberapa tahun melakukan percobaan untuk menghasilkan apa yang mereka sebut sebagai Sunions. 

'Sunions', merupakan jenis sayuran baru  hasil dari program penanaman alami yang telah dibudidayakan di peternakan di Nevada dan Washington sejak tahun 1980an. 'Sunions',  merupakan perpaduan antara bawang manis dengan bawang bombay.  Yang membedakan dari bawang lainnya,  adalah saat dikupas atau dipotong bawang itu tidak pedih dimata.

Saat sebuah bawang biasa dipotong, akan melepaskan senyawa yang disebut'lachrymatory-factor synthase'. Saat senyawa ini mengenai mata, maka akan membuat mata pedih  mengeluarkan air.  Senyawa 'lachrymatory-factor synthase'  menurut para ilmuwan akan semakin banyak yang keluar - seiring dengan semakin lama bawang itu disimpan. 

Sunions sendiri,  sebaliknya, karena semakin lama penyimpanannya, maka semakin sedikit 'lachrymatory-factor synthase' yang dikeluarkan, sehingga tidak membuat mata pedih. 

Menurut Washington Post, bawang ini tidak memiliki rasa 'kuat' seperti bawang merah, rasanya sangat manis sehingga bisa dimakan seperti popcorn. Saat ini Sunions, hanya  tumbuh di Washington dan Nevada dan meskipun dijual secara nasional di AS - pasokannya belum tersedia dalam jumlah banyak.  by 





© 2018 - Centroone.com ::: All Right Reserved