Minus 50 Derajat, Ini Desa Terdingin Dunia

Jumat, 19 Jan 2018 | 16.00 WIB

Minus 50 Derajat, Ini Desa Terdingin Dunia

kondisi di Oymyakon (atlasobscura)



Centroone.com - Sebuah desa di Rusia, Oymyakon digelari sebagai daerah terdingin di dunia. Gelar itu bukan sekedar gelar karena  suhu rata-rata di bulan Januari adalah -50C. Dikenal sebagai 'Kutub Dingin', suhu terdingin yang pernah tercatat di Oymyakon adalah -71,2C. Suhu itu adalah rekor terendah sebuah lokasi di bumi dan suhu terendah yang pernah tercatat di belahan bumi utara.

Desa yang dihuni 500 orang tersebut, mulai dibuka pada tahun 1920 dan 1930an.Pemerintah Uni Soviet telah membuat daerah tersebut menjadi pemukiman permanen bagi penduduk, untuk memecahkan masalah populasi nomaden. Ironisnya, meski Oymyakon adalah desa terdingin - arti dari nama Oymyakon ada  'tidak ada air beku' yang berhubungan dengan mata air panas di sekitarnya.  

Sebagian warga masih menggunakan arang dan kayu untuk pemanasan. Kebanyakan bangunan memiliki toilet di bagian luar.  Karena tanaman tidak bisa tumbuh di sana, mereka makan rusa dan daging kuda.

​Mereka juga bekerja sebagai peternak rusa, pemburu dan nelayan di daerah beku. Namun populasinya tidak mengalami gizi buruk karena mereka minum susu. Meski ada akses ke ponsel, ponsel tidak bisa bekerja karena kondisinya yang dingin.  by