Eminem VS MGK, Duel Bakat Atau Panggung Sandiwara?

Sabtu, 22 Sep 2018 | 17.00 WIB

Eminem VS MGK, Duel Bakat Atau Panggung Sandiwara?

Eminem - MGK (Instagram)


Centroone.com - Dunia musik, terutama ranah hip hop dan rap "diobrak-abrik" Eminem selama beberapa pekan terakhir.    Rapper legendaris itu, akhir agustus lalu membuat kejutan dengan melempar album bertajuk "Kamikaze."  Langkah ini memang unik, karena rapper bernama asli Marshall Bruce Mathers III itu baru merilis "Revival" pada akhir 2017 lalu.  Isi albumnya?   Tidak kalah mengejutkan. 

Meski bagus, secara musik dan kualitas - sejumlah lagu di "Kamikaze" adalah diss track Eminem yang ditujukan ke sejumlah rapper termasuk Machine Gun Kelly atau akrab disapa MGK.  MGK jadi korban sang "raja" lewat "Not Alike", single pertama dari album Kamikaze.  Single itu disebut-sebut sebagai jawaban Eminem akibat MGK menyebut putri Eminem Hailie dalam cuitan yang sudah berumur 6 tahun alias ditulis pada 2012 lalu. 

Diserang, MGK tak mau diam. Dari sejumlah rapper yang jadi sasaran "Kamikaze", hanya rapper bernama asli Richard Colson Baker itu yang berani membalas. MGK pun merilis "Rap Devil", sebagai balasan untuk "Not Alike."  

Jika judulnya menyindir Eminem - yang pernah menyebut dirinya "Rap God, " "Rap Devil" mendapat pujian.  Serangan balik itu membuat Eminem kembali memanas. 15 September lalu, rapper 45 tahun itu menembakkan "Killshot", lengkap dengan artwork sosok mirip MGK dan lingkaran target.   

MGK sendiri terlihat santai menanggapi "Killshot", artwork lagu itu bahkan ia dijadikan kaos, meskipun saat melantunkan "Rap Devil" di Orlando dan mengenakan kaos tersebut sempat dicemooh penonton.  Sementara "Killshot" sendiri meledak luar biasa dan menjadi musik hip-hop yang paling banyak ditonton dalam 24 jam di Youtube. 

Belakangan, sejumlah penggemar menemukan fakta unik. Di tengah perseteruan itu, para penggemar sepertinya tersadar Eminem dan MGK berada di satu label, yakni Interscope.  Merunut lebih dalam, "Not Alike" dan "Rap Devil" rupanya diproduseri orang yang sama, Ronny J.  

Hal itu membuat para penggemar curiga kalau perseteruan tersebut sekedar settingan. Tujuannya? tentu saja mendongkrak penjualan album keduanya.  Apalagi, pasca perseteruan ini muncul, pada Jumat, (21/09/2018) waktu setempat MGK juga turut melepas album EP bertajuk "Binge" 

Belum ada komentar dari Eminem terkait hal tesebut, namun dalam sebuah wawancara radio baru-baru ini, MGK mengatakan sempat akan membalas "Killshot"  namun memilih untuk tidak merilis lagu balasan tersebut.  bbs