Tekankan 4 Prinsip Dasar Kemitraan Dalam Pemberdayaan UMKM

Kamis, 28 Sep 2017 | 18.00 WIB

Tekankan 4 Prinsip Dasar Kemitraan Dalam Pemberdayaan UMKM

Para pembicara dalam Forum Dialog yang diselenggarakan President Office Sinar Mas bertema Ekonomi Berbasis Kerakyatan: Merekat Perbedaan, Memperkuat Persatuan, Rabu (27/9), (Centroone)


Centroone.com - Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) belakangan terus berkembang jadi salah satu cara pemberdayaan ekonomi masyarakat Indonesia.    Chairman Garuda Food Sudhamek menekankan pentingnya 4 prinsip dasar kemitraan sebagai landasan hubungan sosial ekonomi pemberdayaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). 

Hal itu diungkapkannya pada Forum Dialog yang diselenggarakan President Office Sinar Mas bertema Ekonomi Berbasis Kerakyatan: Merekat Perbedaan, Memperkuat Persatuan, Rabu (27/9), di Jakarta. Pembicara utama dalam forum dialog ini adalah Prof Dr H Ahmad Syafii Maarif yang lebih dikenal dengan panggilan Buya Syafii dan Dr Sudhamek AWS. Sedangkan sebagai penanggap adalah mantan Gubernur Bank Indonesia Burhanuddin Abdullah dan mantan KSAL Laksamana (Purn) Marsetio. Bertindak sebagai moderator adalah mantan Menteri Perindustrian yang kini menjabat sebagai Managing Director Presiden Office Sinar Mas, Saleh Husin.

4 prinsip dasar kemitraan, lanjuta Sudhamek itu adalah saling membutuhkan, saling menguatkan, saling percaya, dan saling menguntungkan. Keempat prinsip dasar itu harus dijalankan kalau ingin memberdayakan UMKM.  Menurut Sudhamek, selama ini UMKM lebih banyak diperlakukan sebagai objek, bukan subjek. “Bantuan yang diberikan pun sering setengah jalan, jadinya tidak tuntas,” ujarnya. Semua itu menunjukkan penanganan UMKM belum sepenuhnya professional dan holistik.

Managing Director Presiden Office Sinar Mas Saleh Husin menyatakan, diskusi semacam ini, yang diikuti para eksekutif di lingkungan Sinar Mas, merupakan kegiatan reguler korporat. “Temanya berbeda-beda, mengikuti situasi dan kondisi aktual bangsa ini. Yang jelas, Sinar Mas memang punya komitmen kuat untuk tumbuh dan berkembang bersama-sama masyarakat Indonesia, termasuk di dalamnya mendorong percepatan pemerataan ekonomi,” ujarnya usai diskusi. by