Harapkan Kerjasama Menguntungkan, Sister City Diperdakan

Minggu, 24 Sep 2017 | 22.00 WIB

Harapkan Kerjasama Menguntungkan, Sister City Diperdakan

Balai Kota Surabaya (Centroone)


Centroone.com - Sebagai sister city, Kota Surabaya yang baru menjalin kerjasama dengan Kota Liverpool Inggris, tentu butuh payung hukum. Untuk itu, DPRD Surabaya bersama Pemkot Surabaya mulai membahas Rancangan Peraturan Daerah (raperda) tentang kerja sama di berbagai bidang atas hubungan tersebut. 

Perda yang dibahas panitia khusus (Pansus) beranggotakan Komisi B ini ingin hubungan kerjasama dua kota dunia itu benar-benar menghasilkan keuntungan bersama. Pihak pemkot melalui Bagian Administrasi Kerjasama sudah menyerahkan berkas Raperda untuk dibahas. 

Sementara, Ketua Komisi B DPRD Surabaya Mazlan Mansyur mengatakan, beberapa bidang kerja sama akan dibahas dalam waktu dekat bersama dinas terkait. Di antaranya kerja sama bidang ekonomi, masalah tata ruang serta kepelabuhanan.

"Pada pembahasan selanjutnya akan kami bahas satu persatu sesuai dengan dinas terkait yang menanganinya, apa saja kerjasama yang akan dilakukan," kata Mazlan.

Pembahasan dengan melibatkan dinas terkait itu agar kerja sama Surabaya-Liverpool lebih tepat sasaran dan berguna bagi kedua kota. Bahkan yang menarik adalah kerja sama di bidang olahraga. Sebab, Surabaya dan Liverpool sama-sama memiliki klub sepak bola. Selain itu, suporter di dua kota tersebut sama-sama fanatik. Sekolah sepak bola (SSB) juga banyak di Surabaya.

Karena itu, pihak Liverpool siap mengirim pelatih sepak bola langsung dari Inggris. Dengan berbagi ilmu, diharapkan pesepak bola anak-anak di Surabaya bisa berprestasi. (windhi/by)