Porsche Awali Penggunaan Velg Serat Karbon Tenun

Sabtu, 16 Sep 2017 | 16.00 WIB

Porsche Awali Penggunaan Velg Serat Karbon Tenun

velg serat karbon Porsche (IST)


Centroone.com - Porsche menjadi produsen kendaraan pertama di dunia yang menghadirkan velg serat karbon ringan. Dikenalkan akhir bulan lalu,  Teknologi dengan warna bertekstur hitam sepenuhnya ini kompatibel dengan lapisan pelindung pernis. Velg ini memiliki berat 8,5 kilogram lebih ringan dari velg standar atau kurang dari 20 persen. Bahannya juga diklaim 20 persen lebih kuat. Dengan berkurangnya berat, cengkeraman ban di permukaan jalan juga lebih baik dan optimal. 

Pembuatan velg itu sendiri melibatkan pemotongan dan pemasangan lebih dari 200 komponen. Dasar pelek yang terbuat dari serat karbon yang dibuat oleh "mesin tenun" serat karbon terbesar di dunia , atau lewat teknologi yang disebut teknik Harness.Velg itu terbuat dari serat karbon yang diperkuat polimer (CFRP) yang terdiri dari dua komponen. Tapak pada bagian tengahnya juga terbuat dari bahan serat karbon.

‚Äč

Porsche adalah yang pertama di industri otomotif global yang menggunakan teknologi yang sangat kompleks ini. Teknik Harness menawarkan keuntungan besar dibandingkan metode konvensional pembuatan serat serat karbon. Teknik tersebut membuat struktur bahan karbon lebih solid dan mantap dengan meningkatkan kekakuan. Menggunakan bahan lebih efisien dan juga mengurangi limbah.

Velg karbon baru terbuat dari 18 kilometer serat karbon atau delapan meter persegi serat karbon. Menurut rencana berbagai varian velg karbon ini bakal tersedia pada tahun depan . Sedangkan untuk sementara velg ini dibawa oleh model Seri 911 Turbo S Exclusive.    by