Tingkatkan Minat Baca, Pemkot Gencarkan Bangun TBM

Kamis, 31 Ags 2017 | 16.30 WIB

Tingkatkan Minat Baca, Pemkot Gencarkan Bangun TBM

Wali kota memotivasi anak-anak agar gemar membaca. (Windhi/Centroone)


Centroone.com - Pemkot Surabaya memiliki semangat besar dalam menumbuhkan minat baca di Kota Pahlawan. Pembangunan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) terus dilakukan. Bahkan sudah ada 1.300-an TBM yang tersebar di pelosok kota ini.

Seperti yang kemarin diresmikan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, sebuah TBM di RW 02 Krembangan Bhakti, Kelurahan Kemayoran, Kecamatan Krembangan.

Tri Rismaharini menegaskan, keberadaan TBM bukan sekadar untuk mendorong minat anak-anak agar gemar membaca, tetapi juga bisa untuk mengerjakan tugas sekolah karena ada pembimbing yang bisa memberikan penjelasan. Lebih dari itu, TBM juga bisa berperan dalam menangkal kenakalan remaja ataupun pengaruh narkoba dan pergaulan bebas. Terlebih, ada beberapa anak di kawasan tersebut yang pernah terlibat kenakalan remaja.

“Dengan adanya TBM ini, anak-anak bisa mendapatkan akses lingkungan yang lebih baik. TBM ini bukan hanya agar anak jadi pandai, tetapi juga untuk memproteksi anak agar aman,” ujar wali kota.

Menurut wali kota, godaan bagi anak-anak era sekarang sangat besar. Selain godaan kenakalan remaja dan narkoba, juga ada bahaya pergaulan bebas. Karenanya wali kota meminta masyarakat untuk saling bergandengan tangan demi melindungi anak-anak di lingkungan mereka dari bahaya yang mengintai mereka. 

“Sekarang kita jangan bicara itu anaknya orang lain, bukan anakku. Jangan seperti itu. Tapi anggaplah anak kita. Sebab, dampaknya bisa terkena pada semua anak,” jelas wali kota perempuan pertama di Surabaya ini.

Wali kota juga memotivasi ibu-ibu rumah tangga di RW 02 Kemayoran untuk mengikuti pelatihan wirausaha yang diselenggarakan Pemkot Surabaya setiap akhir pekan di Kaza. Masyarakat bisa mengikuti program Pahlawan Ekonomi maupun Pejuang Muda. “Saya berharap seluruh warga Surabaya bisa sejahtera. Pemkot punya banyak program untuk membuka akses ekonomi bagi panjenengan semua,” ucap wali kota alumnus ITS ini. (windhi/by)