Duduk Dimana Saja dan Kapan Saja Meski Tanpa Kursi

Rabu, 30 Ags 2017 | 19.00 WIB

Duduk Dimana Saja dan Kapan Saja Meski Tanpa Kursi

Chairless Chair (IST)


Centroone.com - Berawal dari dunia film, exoskeleton belakangan telah terwujud di dunia nyata dan telah diujicoba untuk digunakan para penyandang disabilitas.  Belakangan penggunaan exoskeleton di dunia nyata  makin berkembang dengan adanya Chairless Chair.

Chairless Chair dipakai pada bagian kaki pekerja industri manufaktur. Perangkat ini  diproduksi oleh Swiss Noonee untuk mengurangi cedera di kalangan pekerja pabrik. Dengan memakainya di kaki dan badan, seperti memasang baju dan celana, exoskeleton berupa kursi ini memungkinan penggunanya tetap bebas bergerak tapi juga tetap mendapatkan sokongan  saat duduk, berjongkok, atau membungkuk.



Dalam pembuatan Chairless Chair, perusahaan menerima masukan dari karyawan pabrik AUDI, Seat, Skoda, BMW, Daimler AG, dan Renault  yang sering bekerja dengan berdiri tanpa tempat duduk.  Sebelum dipasarkan, Chairless Chair sempat diuji untuk penggunaan militer.



Dengan Chairless Chair,  karyawan dapat "duduk" tanpa kursi yang bermanfaat untuk mengurangi cedera punggung ketika berjongkok untuk melakukan tugas.  Pemanfaatannya bisa membantu mengurangi biaya medis yang dikeluarkan perusahaan karena karyawan tidak perlu  cuti untuk berobat.   Selain itu, kursi exoskeleton ini  juga tidak membutuhkan   baterai untuk digunakan.  by