Bandara Jepang Uji Coba Kursi Roda Otomatis

Minggu, 27 Ags 2017 | 12.00 WIB

Bandara Jepang Uji Coba Kursi Roda Otomatis

Kursi roda otomatis (IST)


Centroone.com - Bandara di Jepang memperkenalkan fasilitas kursi roda pintar yang dapat membantu wisatawan penyandang disabilitas untuk naik pesawat sendiri tanpa bantuan orang lain. 

Bandara Haneda di luar Tokyo telah memulai ujicoba kursi roda pintar nirkabel yang disebut Whill Next ,dimana kursi roda dioperasikan oleh aplikasi komputer untuk membantu membawa penggunanya di sekitar bandara dan juga membawa bagasi mereka ke kendaraan.

Kursi roda pintar tersebut turut dirancang khusus untuk bergerak di keramaian bandara serta memuat bagasi secara otomatis untuk memudahkan penyandang cacat. Sistem tersebut dikembangkan oleh perusahaan elektronik Jepang, Panasonic bersama Whill Inc untuk menyambut Olimpiade Musim Panas 2020 di Tokyo.

‚Äč

"Menggunakan teknologi mobilitas otonom yang dikembangkan untuk robot, kursi roda dapat mengidentifikasi posisi, memilih jalur dan secara otomatis berpindah ke input tujuan melalui smartphone. Jika kursi roda mendeteksi akan terjadi tabrakan, kursi roda akan berhenti secara otomatis. Kursi roda juga memiliki koneksi sensor yang memungkinkan keluarga dan teman pengguna bergerak bersama-sama, "kata Panasonic dalam satu pernyataan seperti dilansir dari Digital Trends. 

Menurut juru bicara Panasonic, kursi roda berkenaan dirancang untuk mengurangi beban kerja staf bandara dan mampu bergerak sejauh 15 kilometer dengan kecepatan delapan kilometer per jam.   by