Moratorium Dibuka, Kemenkum HAM Butuh 17.000 PNS Baru

Kamis, 24 Ags 2017 | 01.00 WIB

Moratorium Dibuka, Kemenkum HAM Butuh 17.000 PNS Baru


Centroone.com - Tahun ini, pemerintah membuka lowongan pegawai negeri. Sebelumnya ada moratorium atua pemberhentian sementara untuk perekrutan CPNS. Kali ini lembaga Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) yang akan merekrut pegawai dengan jumlah fantastis, yakni butuh 17.000 formasi. 

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenkum HAM RI Bambang Rantam Sariwanto menegaskan, perekrutan CPNS itu bukan hadiah atau bancakan. “Dalam proses penerimaannya sangat dibutuhkan kerja keras, kerja cerdas dan ikhlas sesuai dengan semboyan Kemenkum HAM. Hakekat pemberian formasi CPNS yang cukup besar ini bukanlah hadiah, bukan bancaan dan jangan bikin kegaduhan,” tegas Bambang di Aula  Kanwil Kemenkumham Jatim, Rabu (23/8/2017).

Formasi yang dikabulkan pememerintah untuk jajaran Kemenkum HAM karena untuk memenuhi kebutuhan yang muncul hampir di semua bidang. “Kita sering mengeluhkan kekurangan SDM. Sebagai pelaksanaan langkah dalam road map reformasi birokrasi yang akuntabel dan transparan maka penambahan SDM baru ini juga akan sangat membantu meningkatkan kinerja,” katanya.

Guna menyiapkan seleksi CPNS tersebut, ia menegaskan pada panitia penerimaan CPNS TA 2017 untuk memahami mekanisme dan time line dengan baik. Untuk mengantisipasi kerawanan permasalahan dalam proses penerimaan CPNS ini, pihaknya juga telah membentuk Unit Layanan Pengaduan. “Unit layanan ini bukan hanya memberikan informasi yang akurat tetapi harus sigap untuk menindaklanjuti jika menerima keluhan dan pengaduan,” tegasnya.

Sementara Kepala Kanwil Kemenkum HAM Jatim Susy Susilawati menyampaikan, proses penerimaan CPNS TA 2017 di Kanwil Jatim telah dilakukan mulai dari tahap pembentukan panitia penerimaan dengan dikoordinir oleh para Kepala Divisi. Untuk update jumlah pelamar yang telah diterima baik secara online maupun melalui PO Box hingga kini masih terus dihimpun. (windhi/by/)