Sosialisasikan Dapodik PAUD Untuk Cegah Data Ganda

Selasa, 22 Ags 2017 | 06.00 WIB

Sosialisasikan Dapodik PAUD Untuk Cegah Data Ganda

ilustrasi (IST)


Centroone.com - Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI telah resmi meluncurkan data pokok pendidikan (Dapodik) pada 17 Agustus 2017. Hal ini pun langsung ditindaklanjuti Dinas Pendidikan Surabaya untuk mensosialisasikan hal itu ke lembaga PAUD dan PTT di Surabaya, Senin (21/8/2017).

Menurut Kasi Pendidikan Keluarga dan PAUD Dwi Wahyu Novita S.Psi, acara sosialisasi aplikasi Dapodik PAUD Versi 3.1.0 tersebut mengundang para operator dan pemilik lembaga. Harapannya, informasi yang disampaikan dapat diaplikasikan secara benar dan tepat sasaran.

“Kami berharap dengan aplikasi baru tersebut dapat segara diperbaharui oleh lembaga agar data-data baru segera terupdate,” terang Novita.

Menurutnya, pembaharuan aplikasi Dapodik PAUD tersebut bertujuan untuk mencegah terjadinya data ganda karena sinkronisasi dari dua atau lebih komputer (PC atau Laptop). Registrasi aplikasi hanya dari satu komputer saja dan komputer pertama sebuah lembaga yang diregistrasikan akan dikunci di server.

“Tanpa adanya dukungan dari semua pihak mulai dari tenaga pendidik, operator, sampai dengan pengelola lembaga program-program pendidikan yang ada di Surabaya, tidak mungkin dapat maju dan berkembang seperti sekarang ini,” pungkas Novita. (windhi/by)