Facebook Bunuh Aplikasi Khusus Groups

Sabtu, 12 Ags 2017 | 17.00 WIB

Facebook Bunuh Aplikasi Khusus Groups

Facebook Groups (IST)


Centroone.com - Selain aplikasi Facebook utama, di toko aplikasi baik App Store ataupun Play Store tersedia aplikasi Facebook Groups. Semula aplikasi ini dirancang untuk memudahkan pengguna mengikuti berbagai kegiatan dan perkembangan komunitas dibawah Facebook Groups yang ia ikuti. 

Belakangan Facebook berubah pikiran. Facebook mengumumkan aplikasi Facebook Groups pada kedua platform yakni Android dan iOS, akan dihentikan supportnya setelah 1 September 2017 nanti. 

Facebook mengatakan langkah ini diambil karena mereka ingin memfokuskan fitur Groups pada aplikasi utama Facebook, dan juga pada web mereka. Setelah tanggal 1 September 2017, pengguna tidak lagi dapat masuk ke aplikasi Facebook Groups di Android dan iOS.  Bagi yang ingin mengikuti  perkembangan suatu grup yang diikuti harus melihat pada aplikasi utama Facebook. 

Beberapa waktu lalu sendiri, Facebook secara resmi mengumumkan pengenalan fitur "Groups for Pages". Secara harfiah,fitur ini adalah pengembangan layanan Groups yang sudah ada sekarang, namun berbeda dengan Groups biasa yang berfungsi menjadi wadah sejumlah individu dengan hobi serta kepentingan sama, Groups For Pages fokus pada suatu Pages. 

Pemilik Facebook Pages, yang ingin membuat grup tidak perlu lagi membuat grup di luar Pages mereka, dan bisa membuat grup di dalam Facebook Pages.  Dengan adanya fitur baru ini, seorang artis, pemilik bisnis, pemilik merek, atau pemilik media massa bisa membuat grup di Facebook Pages tanpa membutuhkan akun lain. 

Kehadiran "Groups for Pages" ini bakal memudahkan untuk kumpul bersama komunitas dan juga untuk krediblitas. Misalkan penggemar seorang artis, bakal terasa lebih resmi dan lebih dekat dengan idola mereka karena grup mereka berada di Facebook Pages artis tersebut. Asyiknya lagi lewat Groups For Pages, penggemar bisa langsung mengobrol dengan pemilik Pages tersebut.  by