Platform Streaming Video "Ala TV" Facebook Watch Akhirnya Muncul

Sabtu, 12 Ags 2017 | 13.00 WIB

Platform Streaming Video

Facebook Watch (IST)



Centroone.com - Facebook sudah beberapa kali dilaporkan bakal membuka fitur dan layanan yang lebih fokus pada video atau serial TV eksklusif, layaknya Youtube RED.  Setelah hanya jadi rumor, Facebook akhirnya memperkenalkan apa yang mereka sebut sebagai Facebook Watch. 

Melalui Facebook Watch, jejaring sosial nomor satu dunia itu  akan menyediakan sejumlah konten eksklusif yang bisa ditonton pada platform mereka serta, menyediakan daftar rencana untuk langganan dan menontonnya bila ada episode baru. Sementara untuk diskusi ataupun interaksi penggemar bisa dilakukan melalui integrasi Facebook Groups.

Untuk saat ini, Facebook Watch hanya terbatas untuk pengguna di Amerika Serikat saja. Belum diketahui kapan pihak Facebook akan membuka fitur ini untuk pengguna global mereka. 

Bulan juni lalu,  Wall Street Journal melaporkan Facebook mungkin akan memperkenalkan sejumlah konten eksklusif khusus untuk platform tersebut dalam beberapa bulan lagi.  Nantinya menurut laporan itu, pengguna akan dapat mengakses konten selama 30 menit setiap episode yang juga berisi iklan. 

Konten eksklusif itu sendiri menurut laporan yang sama, tengah didiskusikan bersama sejumlah kreator kreatif, untuk membuat konten mereka sendiri layaknya konten TV. Sebelumnya sendiri Facebook telah beberapa kali mencoba untuk menarik pengiklan dari  televisi ke platform mereka - apalagi mengingat jumlah anggaran untuk iklan televisi adalah yang tertinggi dibandingkan platform digital dan platform iklan lainnya.   by