Akhirnya "Dibunuh", Facebook LifeStage Cuma Bertahan Setahun

Jumat, 11 Ags 2017 | 12.00 WIB

Akhirnya

Tampilan Facebook LifeStage (IST)


Centroone.com - Facebook pernah berniat membeli Snapchat dan setelah ditolak, Facebook yang "geram" pun menghadirkan sejumlah fitur mirip Snapchat di sejumlah aplikasi milik mereka seperti WhatsApp dan Instagram.  Belakangan kedua aplikasi tersebut sukses "menghimpit" Snapchat.

Facebook sendiri - dirunut kebelakang  punya aplikasi khusus yang sebenarnya sudah mirip dengan Snapchat. Diberi nama Lifestage, aplikasi "kembaran" Snapchat ini dirilis Facebook tahun lalu. Namun LifeStage rupanya gagal memenuhi ekspetasi Facebook, dan tepat setahun setelah diluncurkan LifeStage akhirnya ditutup.  Aplikasi Lifestage sudah dicabut dari toko aplikasi Apple App Store pada 4 Agustus.

"Kami awalnya meluncurkan Lifestage untuk mempermudah para remaja di AS untuk saling terhubung dengan teman-teman di sekolah.Remaja tetap menjadi bagian penting komunitas global di Facebook. Kami telah belajar banyak dari Lifestage. Pelajaran-pelajaran ini akan terus diterapkan di aplikasi utama Facebook." ujar seorang juru bicara Facebook seperti dilansir dari UPI.

LifeStage lahir pegawai Facebook yang baru berumur 20 tahun, Michael Sayman.  Lifestage  adalah aplikasi berbagi selfie dan video mirp Snapchat.  Tidak seperti profil Facebook yang yang diisi dengan teks, profil Lifestage dipenuhi dengan video. Jika hobi pengguna adalah menari, feed bakal dipenuhi video tarian.  Lifestage sangat berbeda dari Facebook, atau lebih tepatnya Lifestage adalah Facebook versi awal yang dipercantik.  

Saat seorang remaja membuat akun, seperti zaman awal Facebook, Liifestage hanya akan mengizinkan remaja dari satu sekolah untuk melihat profil teman dari sekolah yang sama. Untuk membuka profil sekolah pun setidaknya harus ada  20 siswa  sekolah tersebut yang terdaftar ke Lifestage terlebih dahulu.

Bahkan untuk mencegah Lifestage memiliki pengguna dewasa, ada sebuah sistem yang bertugas memeriksa para pengguna yang berusia lebih dari 21 tahun  Ini adalah untuk memastikan keamanan pengguna dan membedakannya dari Facebook. by