Pemerintah Jepang Gencar Kampanyekan Bekerja Dari Rumah

Sabtu, 29 Jul 2017 | 16.00 WIB

Pemerintah Jepang Gencar Kampanyekan Bekerja Dari Rumah

ilustrasi (IST)


Centroone.com - Jepang adalah salah satu negara dengan waktu bekerja terpanjang di dunia. Para karyawan merasa terpaksa pergi ke kantor awal dan pulang larut malam untuk menunjukkan komitmen kepada perusahaan tanpa bayaran lemburan. Suatu kondisi kerja yang menciptakan fenomena karoshi - yakni bekerja sampai meninggal dunia.

Untuk mengatasi itu, Seperti dilaporkan Japan Today, pemerintah Jepang memulai kampanye Telework Day yang mendorong bekerja dari rumah untuk mengurangi kemacetan pada transportasi publik dan juga mengatasi masalah karoshi. Sebanyak 60.000 karyawan dari 90 perusahaan swasta dan pemerintah telah mengambil bagian dari ujicoba ini.  

Jepang adalah tuan rumah Olimpiade 2020. Dengan mendorong bekerja dari rumah, pemerintah Jepang berharap kemacetan pada sistem transportasi publik dapat dihindari ketika event berlangsung. Pada waktu yang sama kampanye ini mencoba mengubah kebiasaan kerja warga Jepang.

Teknologi yang ada sudah cukup maju untuk memungkinkan karyawan bekerja dari rumah. Sistem kerja seperti ini masih belum populer karena atasan atau pemilik perusahaan yang  ingin melihat karyawan ada dikantor setiap hari. by