Pemilik Drone Terbang Bakal Diwajibkan Terdaftar

Sabtu, 29 Jul 2017 | 20.00 WIB

Pemilik Drone Terbang Bakal Diwajibkan Terdaftar

ilustrasi (IST)


Centroone.com - Pemilik drone terbang dan pesawat kecil tanpa awak di Inggris bakal diwajibkan registrasi dan menghadiri kursus kesadaran keselamatan menyusul jumlah penggunanya yang semakin meningkat. Rekomendasi registrasi itu bakal melibatkan mereka yang memiliki dron seberat lebih 250 gram.

Laporan BBC yang mengutip Menteri Transportasi Udara negara ini, Lord Martin Callanan mengatakan, langkah ini bertujuan untuk memberi fokus pada perlindungan masyarakat dan memaksimalkan potensi penggunaan drone. Namun, tidak ada informasi lebih lanjut diberikan tentang pedoman atau tanggal dimulainya registrasi karena ia masih di tahap awal.

Callanan mengatakan, pengguna drone harus lebih waspada dan tidak menerbangkannya sesuka hati tanpa persetujuan untuk menghindari hal tidak diinginkan terjadi. "Ujian kesadaran keamanane dron mewajibkan pemilik membuktikan mereka benar-benar  setidaknya memahami hukum keselamatan dan peraturan privasi," katanya.

Dia mengatakan, dron terbukti semakin penting dalam kerja-kerja memeriksa perbaikan infrastruktur transportasi atau membantu polisi dan pemadam kebakaran dalam pekerjaan pencarian dan penyelamatan, tetapi ada juga segelintir pihak yang menyalahgunakannya. 

Sampai sekarang, tidak ada kecelakaan besar yang terjadi melibatkan dron tetapi pihaknya  menerima beberapa laporan tentang penggunaan drone untuk mengirim narkoba ke tahanan.

Peraturan yang hampir sama pernah diusulkan di Amerika Serikat, tetapi mendapatkan bantahan berbagai pihak sehingga menyebabkan kasus berkenaan dibawa ke pengadilan pada bulan Maret lalu. Setelah itu, pengadilan memutuskan peraturan itu tidak berlaku kepada drone non komersial. by