Sosialisasi Perda Limbah, Warga Diharap Turut Sadar Lingkungan

Kamis, 27 Jul 2017 | 20.35 WIB

Sosialisasi Perda Limbah, Warga Diharap Turut Sadar Lingkungan

ilustrasi (IST)


Centroone.com -  Guna memberikan pengertian kepada masyarakat, khususnya pelaku industri (baik itu industri berskala besar atau micro kecil menengah) agar tak membuang limbah sembarangan, Pemkot Surabaya melalui Bagian Hukum Surabaya, mensosialisasikan Perda 12/2016. Dari pengetahuan masyarakat terhadap perda tentang Pengelolaan Kualitas Air dan Pengendalian Air Limbah, maka bisa tercipta lingkungan yang bebas polusi. 

Saat ini, memang tak bisa ditampik jika di Surabaya masih banyak pelaku industri maupun rumah tangga yang membuang limbahnya langsung ke sungai tanpa pengolahan. Namun dengan keseriusan pemkot untuk menangani limbah itulah, muncul perda tersebut. Artinya, jika perda ini sudah dijalankan, ada sanksi berat bagi pelanggaran regulasinya. 

Sosialisasi di gedung Wanita Jl Kalibokor Selatan itu juga dhadiri Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Surabaya Musdiq Ali Suhudi. Selain itu ada pakar yang juga Narasumber Hukum dan Teknik Lingkungan yang masing-masing berasal dari Unair dan ITS. 

Menurut Musdiq, keadaan sungai-sungai yang ada di Surabaya, termasuk yang sudah tercemar limbah tidak dapat dihindari. “Inilah pencemaran yang mau tidak mau ada dan harus dihadapi bersama,” kata Musdiq. 

Dia menambahkan, persoalan pencemaran kali oleh limbah berbahaya ini seakan-akan terjadi secara periodik. Artinya, setiap tahun selalu terjadi masalah seperti itu. “Melalui perda ini, hendaknya seluruh pihak bisa memahami aturan yang ada. Sehingga saat menjalankan industrinya, selalu mengedepankan masalah penyelamatan lingkungan dan tak lagi membuang limbah beracunya ke sungai,” tegas Musdiq. (windhi/by)