"Kecanduan" Berkebun, Tanam 17.500 Pohon Dalam 12 Tahun

Minggu, 16 Jul 2017 | 20.00 WIB

Abdul saat menanam salah satu pohonnya (IST)


Centroone -  Kecanduan memang hal yang berbahaya. Namun "kecanduan" yang dialami pria asal Bangladesh ini justru sebaliknya. Tidak sekedar aman, tapi juga membuat lingkungan terselamatkan. 

Abdul Samad Sheikh memang hanya bekerja sebagai seorang sopir. Namun apa yang diberikan pria berusia 60 tahun dari Bangladesh itu untuk alam tidak ternilai.  Selama 12 tahun terakhir, Abdul selalu menanam setidaknya satu pohon dalam sehari. 

Jika ditotal berarti Abdul telah menanam lebih dari 17.500 pohon - yang hampir sama dengan sebuah hutan kecil.Karena hobi uniknya itu, Abdul Samad bahkan mendapat gelar sebagai "Tree Samad" oleh warga desa tempat ia tinggal di Faridpur, Bangladesh Tengah. Sementara yang lain menjulukinya sebagai "Forest Man of Bangladesh."  




Dilansir dari Oddity Central, meskipun hanya bekerja sebagai sopir angkot dengan upah sekitar USD 1.25 sehari Abdul tetap selalu berusaha membeli pohon. 

Uang yang sebenarnya hanya cukup untuk keperluan makan keluarganya itu disisihkan sedikit untuk membeli setidaknya sebatang pohon dari Pusat Hortikultura Faridpur, setiap hari. Abdul sendiri menggambarkan apa yang ia lakukan adalah kewajibannya kepada dunia. Abdul sendiri mengklaim tidak dapat tidur tanpa menanam sebatang pohon dalam, satu hari.   by