Barisan Robot Raksasa "Kawal" Kuil di Thailand

Minggu, 16 Jul 2017 | 16.00 WIB

Barisan Robot Raksasa

Tampak dua robot ala Transformers "berjaga" di luar kuil (IST)


Centroone.com - Di film Transformers, para robot autobot bahu-membahu dengan manusia untuk mencegah robot-robot jahat decepticon menguasai dan mengubah bumi menjadi tempat tinggal mereka, planet robotik Cybertron.  Di dunia nyata, robot Transformers bertugas menjaga kuil tempat ibadah umat Budha, yang terletak di Thailand. 

Itulah yang terlihat di Kuil Wa Ta Kien, sebuah kuil di luar kota Bangkok. Selain beberapa patung Budha serta hewan mitos yang mendominasi kuil,  di depan kuil tampak gagah 3 robot "berjaga" biksu dan umat yang sedang beribadah. 



Dibuat dari potongan besi bekas serta dicat dengan warna terang yakni oranye, kuning dan biru robot-robot raksasa itu sengaja dihadirkan untuk "menjaga" anak-anak agar tidak bosan saat berkunjung ke kuil bersama orang tua mereka. " Tidak ada unsur ibadah. Ini agar anak-anak tidak bosan ketika mereka berkunjung bersama orang tua mereka. " tutur pengelola kuil seperti dilansir dari TodayOnline. 

‚Äč

Menurut Pairoj Thanomwong, pemilik workshop tempat robot-robot ini dibuat setidaknya ada emapt kuil di Thailand, yang juga "dijaga" karakter superhero.  Workshop Pairoj yang juga menerima pesanan dari luar negeri itu, sering disebut sebagai "Ban Hun Lek", atau "House of Iron Robots" (rumah para robot besi).  by