Sasar Smartphone, Malware Ini Diam-Diam Menyalin Isi Ponsel

Minggu, 16 Jul 2017 | 22.00 WIB

Sasar Smartphone, Malware Ini Diam-Diam Menyalin Isi Ponsel

Ilustrasi (IST)


Centroone.com - Ransomware terus jadi ancaman paling sering dibicarakan selama beberapa bulan belakangan.  Belakangan tidak hanya komputer, sebuah ransomware jenis baru juga muncul menyerang pengguna perangkat Android. 

Dinamakan LeakerLocker, malware ini menumpang beberapa aplikasi yang mencurigakan di Google Play Store. Menurut McAffee, aplikasi ini tidak menggangggu data pada perangkat pengguna, tetapi sebaliknya diduga membuat salinan beberapa data dan mengancam pengguna untuk menyebarkan itu ke teman-teman lain di buku alamat.

Beberapa data yang disalin dan dicuri antara lain foto, data browsing web, email, pesan Facebook dan sebagainya. Ransomware ini menerima akses ke semua data ini ketika pengguna menginstal aplikasi dan memberikan akses tanpa sadar - terutama mereka yang agak gaptek. Demikian seperti dilansir dari situs resmi McAfee. 

Software ini mengancam untuk menyebarkannya kecuali pemilik ponsel membayar USD 50 untuk menghindarinya. Menurut McAfee, tidak ada informasi yang biasanya disalin ketika menampilkan notifikasi bersangkutan, tetapi tidak mustahil untuk diimplementasikan menggunakan perintah melalui server.

McAfee juga menekankan agar pengguna tidak melakukan pembayaran apapun untuknya - karena tidak mustahil data Anda masih bisa diambil dan tidak dihapus sepenuhnya dari server mereka.  by