Komputer Apple Buatan Tahun 1976 Laku Rp 4 Miliar !

Jumat, 30 Jun 2017 | 17.00 WIB

Komputer Apple Buatan Tahun 1976 Laku Rp 4 Miliar !

salah satu bagian komputer Apple 1 (IST)


Centroone.com - Komputer Apple pertama, yakni Apple 1 Personal Computer yang dibuat pada tahun 1976 dilaporkan terjual dengan harga USD 355 ribu atau sekitar Rp 4 miliar!, dalam sebuah lelang baru-baru ini di rumah lelang Christie.  Menurut rumah lelang itu, komputer yang dibuat oleh Steve Wozniak dan Steve Jobs di garasi rumah Steve Jobs di Los Altos, California itu terjual pada seorang pembeli yang namanya tidak diungkapkan. 

Komputer yang dilelang itu pertama kali dimiliki oleh Frank VanGilluwe III dan dijual pada  Andrew "Zack" Zacharias dengan harga USD300 pada bulan Mei 1978. Harga asli komputer itu sendiri saat itu adalah USD666,66. 

Dua pendiri Apple, Steve Jobs dan Steve Wozniak pada era awal Apple mendapatkan order 50 komuter dari Paul Terrell, pemilik Byte Shop, sebuah retail kecil di wilayah tersebut.  Apple-1 dijual tanpa casing, powersupply, keyboard atau monitor. Tapi komputer itu dijual dengan motherboard yang sudah terpasang sesuatu yang saat itu tidak dimiliki kompetitor mereka. 

Menurut catatan ada 2000 Apple -1 dibuat. Jobs dan Wozniak sendiri secara resmi menghentikan produksi Apple-1 pada bulan Oktober 1977.  Untuk menggantikan Apple-1, keduanya membuat Apple 11 yang dijual pada tahun yang sama.  Saat ini sendiri total ada 15 Apple-1 yang masih eksis di dunia, termasuk yang disimpa di Smithsonian Museum of Art serta sejumlah museum teknologi dan sains. 

Komputer jadul itu sendiri, dianggap sebagai pionir produk Appple di industri komputasi yang kemudian melambungkan nama mereka ke dunia komputer dekstrop, laptop, tablet, ponsel serta jam tangan. Saat ini  atau 41 tahun pasca Apple 1 dibuat Apple adalah salah satu merek ternama paling bernilai di dunia dengan nilai USD 170 miliar.  by