Dengan Microsoft Dictate, Mengetik Cukup Dengan Berbicara

Kamis, 29 Jun 2017 | 23.00 WIB

Dengan Microsoft Dictate, Mengetik Cukup Dengan Berbicara

Microsoft Dictate (IST)


Centroone.com - Microsoft Garage merupakan teknologi yang menjadi dasar pembuatan Cortana, asisten digital Microsoft untuk menerima input berbasis suara.  Kini, menggunakan basis teknologi yang sama, Microsoft memperkenalkan apa yang mereka sebut sebagai Dictate. 


Dictate didesain khusus untuk digunakan pada Microsoft Office.  Lewat fitur ini, pengguna tidak perlu repot mengetik di keyboard.  Di halaman resminya, Microsoft menuturkan dengan Dictate, pengguna dapat melakukan input suara untuk mengetik di Microsoft Word, PowerPoint dan juga Outlook. Untuk menggunakannya pengguna hanya perlu mengunduh dan menginstalnya pada Microsoft Office, demikian seperti dilansir dari Mashable. 


Untuk saat ini, Dictate mendukung sekitar 20 bahasa untuk input, dan siap mendukung terjemahan ke sekitar 60 bahasa. Pengguna juga dapat memberikan petunjuk lain seperti "enter", "new line" dan sebagainya ketika sedang "mengetik menggunakan suara" melalui dictate ini.     Dictate juga mengusung teknologi atau sistem pengenalan suara serta AI yang ada pada Microsoft Cognitive Services,  layanan yang juga bisa ditemukan pada Bing dan Microsoft Translator. 


Sebelumnya sendiri sudah ada perangkat lunak yang menawarkan fitur dengan konsep sama seperti Dictate, namun dengan Microsoft turut melakukan hal yang sama adalah hal yang menarik, apalagi Microsoft Office adalah salah satu aplikasi yang paling sering digunakan oleh banyak pengguna komputer untuk mengetik . by