Gelar Pasar Murah, Semen Indonesia Group Gelontorkan Sembako 7 Miliar

Kamis, 15 Jun 2017 | 21.00 WIB

Gelar Pasar Murah, Semen Indonesia Group Gelontorkan Sembako 7 Miliar

Penyerahan paket sembako secara simbolis dari pihak Semen Indonesia kepada pejabat setempat. (Windhi/Centroone)


Centroone.com - Pada Ramadhan tahun ini, Semen Indonesia Group kembali hadir di tengah masyarakat di seluruh wilayah operasi pabrik untuk bersilaturahmi dan berbagi. Sebagai rangkaian kegiatan safari Ramadhan 1438 H, Semen Indonesia pada Kamis (15/6/2017) menggelar pasar murah. 

Program pasar murah menjadi salah satu kegiatan rutin perusahaan dalam menyemarakkan bulan suci Ramadhan. Menurut Direktur Keuangan Semen Indonesia Darmawan Junaidi, kegiatan pasar murah dilaksanakan diseluruh wilayah operasi perusahaan dengan rincian, Gresik sebanyak 5.500 paket,  Rembang 8.000 paket, Tuban 15.000 paket, Padang 1.200 paket, Tonasa 2.200 paket, Aceh 5.000 paket, Banyuwangi 1.050 paket, Banjarmasin dan Ciwandan 1.200 Paket serta Madura 1.000 paket. Total paket yang dijual pada pasar murah tersebut sebanyak 40.150 paket dengan nominal Rp7 miliar. 

Paket sembako yang dijual pada pasar murah senilai Rp150 ribu, paket tersebut berisikan 5 kg beras, 2 kg gula, 2 liter minyak dan 5 pcs mie istan yang dijual seharga Rp25 ribu pada masyarakat. Hasil dari penjualan pasar murah ini akan digunakan untuk santunan kepada anak yatim. Selain menggelar pasar murah, di Gresik perusahaan juga memberikan santunan kepada 430 anak yatim yang berasal dari 26 kelurahan di Kabupaten Gresik.

Darmawan Junaidi menambahkan, program pasar murah dilakukan perusahaan untuk memupuk kesadaran dan kepedulian dunia usaha kepada masyarakat untuk saling berbagi dan berbuat kebaikan bagi sesama. "Dengan adanya pasar murah yang diselengarakan Semen Indonesia ini diharapkan bisa meringankan beban masyarakat, dimana harga kebutuhan sembako di bulan Ramadhan cenderung mengalami peningkatan," kata Darmawan.

Lebih lanjut dikatakannya, kegiatan pasar murah merupakan wujud komitmen perusahaan dalam menjalankan roda usaha yang tidak hanya mengejar keuntungan semata namun juga memberi manfaat bagi masyarakat dan lingkungan. Hal ini merupakan wujud komitmen perusahaan berlandaskan Triple Butom Line (Profit, People dan Planet). 

“Kegiatan safari Ramadhan dan pasar murah yang diselenggarakan Semen Indonesia ini merupakan bagian dari program BUMN Hadir Untuk Negeri yakni sebuah bentuk kerjasama untuk mencapai efisiensi dan efektivitas sebuah program kerja yeng memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia. Sinergi BUMN hadir untuk Negeri juga merupakan esensi bahwa BUMN hadir diseluruh pelosok lapisan masyarakat demi menjaga serta menciptakan kesejahteraan negeri,” ujarnya.

Selain itu bersamaan dengan kegiatan pasar murah yang diselenggarakan hari ini, Semen Indonesia meresmikan Taman Bacaan Semen Indonesia di desa Kadiwono, Kecamatan Bulu, Rembang. Semen Indonesia mendirikan empat taman bacaan yang ada di desa sekitar pabrik Rembang diantaranya desa Kadiwono, Kajar, Pasucen dan Tegaldowo.

Pendirian taman bacaan Semen Indonesia merupakan komitmen perusahaan dalam upaya mencerdaskan anak bangsa. Nantinya para warga dapat memanfaatkan taman bacaan Semen Indonesia ini untuk menambah ilmu dan memperluas pengetahun. Taman bacaan ini dilengkapi dengan komputer dengan akses internet, buku bacaan ensiklopedia, buku cerita dan pelajaran serta permainan edukasi. (windhi/by)