Menengok Jembatan Dhola-sadiya, Jembatan Terpanjang India

Rabu, 31 Mei 2017 | 21.00 WIB

Menengok Jembatan Dhola-sadiya, Jembatan Terpanjang India

Jembatan Dhola-sadiya (IST)


Centroone.com- Setelah enam tahun pembangunan, India awal pekan ini akhirnya meresmikan jembatan terpanjang negara itu sejauh 9.15 kilometer yang menghubungkan negera bagian Assam dan daerah perbatasan Arunachal Pradesh yang sering menjadi sengketa dengan China.

BBC melaporkan, Jembatan Dhola-sadiya yang dibangun melintasi Sungai Lohit itu memiliki struktur kokoh yang mampu menampung tank seberat 60 ton. Konstruksi tersebut menelan biaya sebesar 10 miliar rupee dan akan membantu mempersingkat waktu perjalanan antara Assam dan Arunachal Pradesh dari enam jam menjadi hanya satu jam dengan mengurangi jarak hingga 165 kilometer.

"Jembatan ini adalah salah satu dari proyek infrastruktur yang paling penting di negara kami selain jadi penggerak bagi pembangunan pesat di negeri Assam dan bagian utara India," jelas Perdana Menteri India, Narendra Modi.


Menurut Menteri Perumahan, Kiren Rijuju, kepentingan strategis jembatan itu dilaporkan sangat besar karena bakal membantu tim militer India memasuki wilayah Arunachal Pradesh yang berbatasan dengan China lebih cepat dan mudah.

Selain jembatan tersebut, India juga sedang membangun jalan raya dua jalur trans-Arunachal dan menggarap empat megaproyek jalan, dalam rangka menghadapi ketegangan yang terjadi dengan China.   "Dengan China yang semakin agresif, saatnya kami memperkuat infrastruktur fisik untuk mempertahankan wilayah kami," tegasnya. by