Studi : WhatsApp Bantu Tingkatkan Kepercayaan Diri Siswa

Rabu, 31 Mei 2017 | 19.00 WIB

Studi : WhatsApp Bantu Tingkatkan Kepercayaan Diri Siswa

ilustrasi (IST)



Centroone.com - Meski efek bermain atau terlalu lama menghabiskan waktu dengan smartphone seringkali berbuah negatif namun tetap saja ada yang melihat sisi positifnya. Sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Haifa Israel menemukan, aplikasi pesan instan WhatsApp rupanya memiliki efek positif kepada siswa.

GADGET360 melaporkan, pelajar yang bergabung kelompok WhatsApp teman sekelas  lebih terbuka dalam  berbagi pendapat mereka dibandingkan ketika di dalam kelas. Salah satu alasan kenapa hal itu bisa terjadi, menurut penelitian itu adalah karena tidak adanya patokan atau hirarki ketika berbincang langsung secara online menggunakan aplikasi ini. 

Pada waktu yang sama lingkungan yang lebih sosial membuat memberikan kenyamanan bagi para siswa untuk berbagi pendapat. Hasil penelitian ini memperlihatkan, Jika digunakan dengan benar serta jelas, smartphone atau teknologi  dapat membantu golongan siswa yang malu untuk berbagi.

Namun kembali pada masalah penggunaan smartphone yang justru sering dianggap sebagai pengganggu, terutama pada para pelajar serta siswa banyak orang tua atau guru memilih untuk memisahkan murid atau siswa dari smartphone. by