Sebatang Rokok Antarkan Pria Ini Huni Penjara 9 Tahun

Rabu, 31 Mei 2017 | 18.00 WIB

Sebatang Rokok Antarkan Pria Ini Huni Penjara 9 Tahun

John Cox (IST)


Centroone.com -  Merokok adalah hak setiap orang, namun tetap saja tempat harus diperhatikan. Gara-gara sebatang rokok, seorang pria Inggris terpaksa meringkuk di penjara selama kurang lebih sembilan tahun.  Pria itu, John Cox dinyatakan bersalah oleh pengadilan Birmingham karena menyebabkan kebakaran yang diawali dengan kecerobohan. 

John Cox awalnya hanya dijatuhi hukuman penjara selama empat tahun dan enam bulan pada Januari lalu. Namun Pengadilan Tinggi menyebut hukuman itu terlalu ringan dan menambah hukuman Cox menjadi sembilan tahun dan enam bulan.

Dilaporkan Metro, dalam kasus ini, Cox menyalakan rokok di dalam toilet pesawat dan membuang puntung rokok yang belum padam ke dalam tong sampah pesawat itu. Ulahnya itu menyebabkan alarm pesawat Monarch Airbus berbunyi dan memaksa pilot melakukan panggilan darurat sebelum melakukan pendaratan setelah kru gagal memadamkan api.

Insiden itu sendiri terjadi ketika Cox naik penerbangan dari Birmingham ke Sham el-Sheikh di Mesir pada ketinggian 30.000 kaki, Agustus 2015. Setelah pesawat itu mendarat, Cox ditahan pemerintah Mesir dan dibawa pulang ke Inggris untuk diadili.  Fakta di pengadilan mengungkapkan, Cox berada dalam keadaan mabuk ketika naik pesawat itu dan bertindak agresif serta menggangu penumpang dan kru pesawat.  by