Makanan Ini Bantu Kurangi Bau Mulut Saat Puasa

Rabu, 31 Mei 2017 | 07.00 WIB

Makanan Ini Bantu Kurangi Bau Mulut Saat Puasa

centroOne/Istimewa


Centroone.com - Untuk menghindari bau mulut, terutama di saat puasa seperti sekarang ini, sebenarnya Anda hanya perlu memperhatikan konsumsi makanan.

Ada beberapa makanan yang dapat membantu mengurangi bau mulut. Antara lain:

1. Yogurt

Yogurt mengandung organisme mikroskopis dan hidrogensulfida yang dapat mengurangi bakteri di dalam mulut, sehingga bisa mencegah gigi berlubang dan penyakit gusi. Pilih yogurt rendah lemak yang rasanya plain, ya.

2. Sayuran Renyah

Mengunyah wortel, seledri, dan mentimun yang masih mentah bisa meningkatkan produksi air liur dan membilas mulut dari bakteri. Jangan lupa, gosok gigi setelah makan untuk membuang sisa-sisa makanan yang tersangkut di gigi.

3. Stroberi dan Kiwi

Stroberi dan kiwi kaya akan vitamin C yang mampu mencegah timbulnya sariawan dan radang gusi. Butiran kecil pada buah stroberidan kiwi juga bisa membantu Anda mengangkat kotoran dari permukaan gigi. Menurut sebuah penelitian, vitamin C juga bisa membuat bakteri di dalam mulut enggan berkembang.

4. Permen Karet

Permen karet bisa menjadi alternatif penangkal bau mulut sementara waktu. Mengunyah permen karet bisa membantu mengangkat sisa makanan dan menambah produksi air liur. Pilih permen karet rasa mint yang segar tanpa bahan pemanis. (Chic/Rie)