6 Tip Agar Keuangan Teratur di Bulan Ramadan

Rabu, 31 Mei 2017 | 11.00 WIB

6 Tip Agar Keuangan Teratur di Bulan Ramadan

centroOne/Istimewa


Centroone.com - Ramadan telah kita lalui.

Seringkali momen berpuasa dijadikan salah satu hari untuk menjalin silaturahmi kepada kerabat dan sanak saudara. Tak hanya itu, di Bulan Suci ini para ibu rumah tangga berpikir jika di momen ini pengeluaran rumah tangga akan berkurang, karena dalam sehari kita hanya makan dua kali.

Namun kenyataannya, tidak seperti itu. Justru faktanya, ketika Ramadan pengeluaran malah bertambah dua sampai tiga kali lipat. Ini biasanya diakibatkan karena beberapa faktor yang seringkali ibu rumah tangga tidak sadari.

Astrie Dewi CFP dari Money Geulis Jakarta akan memberikan tip, agar keuangan para ibu rumah tangga bisa lebih teratur di bulan Ramadan tahun ini. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan, berikut tipnya.

1. Buat Budget Sendiri

Seperti bulan-bulan lainnya, kita harus punya budget selama bulan puasa. Komponennya sama, ya. Ada pos biaya hidup, kewajiban finansial, pos investasi, dan pos lifestyle. Please note, di bulan puasa harga barang pokok cenderung naik di kisaran 10-20%.

2. THR Bukan Extra Money

Ubah pemikiran bahwa THR adalah extra money untuk memenuhi kebutuhan di bulan puasa. It's not. Kebutuhan bulan ini, ya di-cover dengan gaji. THR sendiri fungsinya untuk memenuhi kebutuhan Hari Raya Lebaran, termasuk membayar THR pekerja di rumah.
NEXT