7 Trik Sahur Sehat Anti Gemuk

Rabu, 31 Mei 2017 | 09.00 WIB

7 Trik Sahur Sehat Anti Gemuk

centroOne/Istimewa


Centroone.com - Makan di malam hari memang bisa membuat tubuh melar.

Maka itu, perhatikan makanan yang dikonsumsi saat sahur. Pilihlah makanan yang bisa menjadi cadangan kalori dan protein, sehingga kita tidak mudah lapar di siang hari. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan saat sahur seperti dikutip dari laman Chic.

1. Awali dengan air putih

Ketika tidur di malam hari, tubuh kita kehilangan berat 1 - 2 kg, dan itu adalah air. Jadi setelah bangun tidur untuk sahur, awali dengan minuman segelas air putih. Memperbanyak minum air putih sangat penting, karena selama puasa tubuh akan banyak kehilangan cairan. Air putih juga efektif untuk meminimalisir bau mulut yang sering muncul di siang hari akibat dari keringnya mulut, serta kurangnya aliran salifa atau ludah, di samping tentu saja kurang bersihnya gigi dari sisa-sisa makanan.

2. Karbohidrat kompleks

Agar gula darah stabil seharian dan berat badan terkendali, pilih karbohidrat kompleks seperti nasi merah, roti gandum, biji-bijian, dan ubi. Kalaupun ingin tetap makan nasi, batasi hanya 4 sendok makan.

3. Kurangi si manis

Makanan manis memang bisa bikin kita cepat kenyang, tapi kita juga akan cepat lapar lagi. Pasalnya, gula akan membuat tubuh bereaksi melepaskan insulin dengan cepat, sehingga tubuh akan meminta asupan energi baru. Akhirnya, kita akan tergoda untuk makan lagi. Karena itu, pilihlah manis yang alami, seperti gula aren atau madu.
NEXT