Waktu Tepat Melakukan Olahraga Saat Puasa

Selasa, 30 Mei 2017 | 11.00 WIB

Waktu Tepat Melakukan Olahraga Saat Puasa

centroOne/Istimewa


Centroone.com - Banyak orang enggan melakukan olahraga di saat puasa, karena khawatir semakin lemas dan kelelahan.

Padahal olahraga ringan bisa membuat tubuh tetap fit, bugar, dan menghilangkan rasa kantuk lho. Saat berpuasa, tubuh memang seakan terasa lebih mudah lelah dan merasa lemas karena jadwal makan yang berubah.

Inilah yang kemudian membuat orang enggan berolahraga. Padahal olahraga saat berpuasa takkan membuat kita semakin lemas atau bahkan jatuh pingsan lho, karena tubuh kita sebenarnya masih menyimpan cadangan energi dalam bentuk glikogen lemak dan protein.

Bahkan, tetap berolahraga saat berpuasa justru memberikan berbagai manfaat baik bagi tubuh. Dengan berolahraga, cadangan energi atau lemak dalam tubuh diubah menjadi glukosa - yang akan mengusir rasa lemas, lesu, malas, dan kantuk.

Bukan hanya itu, puasa dan olahraga adalah kombinasi terbaik untuk menjaga kesehatan. Pasalnya, berpuasa memberi kesempatan saluran pencernaan untuk beristirahat selama 14 jam.

Karena makanan yang harus dicerna berkurang, akibatnya saluran pencernaan menjadi lebih bersih dan tubuh pun terasa lebih bugar. Tapi, tentu aktivitas olahraga ini harus disesuaikan dengan kondisi tubuh setiap orang.
NEXT